Breaking News:

Berita Pekalongan

Pemkab Pekalongan Motivasi Paskibraka: Yang Terpilih adalah Yang Terbaik

Wakil Bupati Pekalongan Riswadi memberikan motivasi 27 anggota pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka) 2021.

Penulis: Indra Dwi Purnomo | Editor: Daniel Ari Purnomo

TRIBUNJATENG.COM, KAJEN - Wakil Bupati Pekalongan Riswadi memberikan motivasi 27 anggota pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka) 2021 yang akan bertugas pada upacara peringatan kemerdekaan ke 76 Republik Indonesia, 17 Agustus 2021 di halaman pendopo rumah dinas bupati Pekalongan.

"Hari ini sudah tanggal 10 Agustus 2021, hari ulang tahun negara tercinta kita tanggal 17 Agustus. 7 hari pelaksanaan upacara untuk memperingati hari kemerdekaan, pasti saat peringatan upacara ada paskibraka. Menjadi paskibraka itu tidaklah mudah, ada seleksi begitu ketat. Mereka yang terpilih merupakan putra-putri bangsa terbaik," kata Wakil Bupati Pekalongan Riswadi kepada Tribunjateng.com, usai memberikan motivasi kepada paskibraka Kabupaten Pekalongan di alun-alun Kajen, Selasa (10/8/2021).

Menurutnya paskibraka yang terpilih setelah melalui seleksi yang ketat dari SMA/SMK se-kabupaten Pekalongan.

Kemudian paskibraka juga menjalani penggemblengan fisik dan mental. Oleh karena itu, pihaknya meminta para paskibraka agar bangga atas kemampuan dirinya.

"Di luar sana banyak sekali siswa dan pelajar ingin menjadi seperti kalian. Tapi tidak semuanya bisa. Kesempatan itu hanya diberikan kepada 27 paskibraka yang berdiri di tempat ini."

"Tanamkanlah jiwa disiplin. Bangsa yang maju, kuncinya disiplin. Maka adik-adik juga harus disiplin dan jangan mudah menyerah. Lalu, jangan sia-siakan kesempatan yang membanggakan dirimu dan orang tuamu. Tanamkanlah jiwa bahwa dirimu adalah bagian bangsa ini," ucapnya.

Sementara itu Aiptu Supiaji pelatih Paskibraka Kabupaten Pekalongan mengatakan, pelatihan paskibraka ini tetap mengacu kepada protokol kesehatan.

Lalu, jarak yang digunakan bukan satu lengan tapi dua lengan. Setiap selesai latihan juga harus melalui tes kesehatan yang dicek oleh dinas kesehatan.

"Memang agak susah latihan tahun ini mengingat pandemi Covid-19, tapi kita harus bisa dan melaksanakan pelatihan seperti ini."

"Ada 27 orang yang ikut latihan, dulu sebelum pandemi kami menggunakan pasukan 45, tahun ini hanya pasukan 17 dan 8. Terus mengingat tempat terbatas, pelaksanaan pengibaran bendera 17 Agustus juga secara minimalis di halaman pendopo rumah dinas bupati Pekalongan," katanya.

Dina Yulia Safitri (16) dari SMAN 1 Sragi mengatakan, ia merasa bangga atas menjadi bagian anggota paskibraka Kabupaten Pekalongan.

"Latihan sudah sejak akhir bulan Juli 2021, sebelum menjadi anggota paskibraka mengikuti seleksi fisik dan pengetahuan," kata Dina.

Dina mengungkapkan, di Paskibraka Kabupaten Pekalongan ia mendapatkan amanah untuk membawa bendera merah putih saat upacara peringatan HUT ke 76 Republik Indonesia.

"Saya sangat bersyukur dan tidak menyangka mendapatkan amanah untuk membawa bendera saat peringatan upacara kemerdekaan," ungkapnya. (Dro)

TONTON JUGA DAN SUBSCRIBE :

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved