Breaking News:

Berita Kabupaten Tegal

PPKM Level 3, Siswa PAUD, SD, dan SMP di Kabupaten Tegal Segera Ikut Belajar Tatap Muka Terbatas

Pembelajaran tatap muka bisa dilaksanakan dengan jumlah terbatas dan protokol kesehatan ketat.

Penulis: Desta Leila Kartika | Editor: moh anhar
TRIBUN JATENG/DESTA LEILA KARTIKA
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tegal, Ahmad Was'ari, saat ditemui di ruang kerjanya beberapa waktu lalu. 

TRIBUNJATENG.COM, SLAWI - Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) kembali diperpanjang sampai 16 Agustus mendatang, Kabupaten Tegal masuk level 3 sesuai Instruksi Mendagri (Imendagri) nomor 30 tahun 2021, pembelajaran tatap muka bisa dilaksanakan dengan jumlah terbatas dan protokol kesehatan ketat.

Saat dikonfirmasi apakah di Kabupaten Tegal segera menyelenggarakan pembelajaran tatap muka, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tegal, Ahmad Was'ari mengatakan, pihaknya akan mengadakan rapat terlebih dahulu membahas rencana PTM khususnya bagi siswa PAUD, SD, dan SMP.

Namun jika tidak ada halangan, maka pembelajaran tatap muka akan mulai berlangsung pada Kamis (12/8/2021) mendatang.

Baca juga: Warung Pak Met di Jalan Veteran Solo Jual Nasi Goreng Rp 1000, Beli Pakai Kupon hingga 17 Agustus 

Baca juga: Modus Tak Punya Usaha, Demi Dapat Bantuan UMKM Rp 1,2 Juta, Ada 266 Proposal Fiktif di Kudus

Baca juga: Salut! Tarko Warga Banyumas Ini Ubah Angkot Jadi Ambulans Desa, Bantu Warga Vaksin dan Tes Swab

"Kami mengadakan rapat dulu membahas mengenai rencana pembelajaran tatap muka (PTM), baik teknis dan sarana prokes nya. Tapi jika tidak ada halangan rencana Kamis yang akan datang berlangsung PTM bagi siswa PAUD, SD, dan SMP, namun terbatas dan harus menerapkan prokes ketat," ungkap Was'ari, pada Tribunjateng.com, Selasa (10/8/2021).

Was'ari menyebut, ia berpedoman pada Instruksi Mendagri (Inmendagri) nomor 30 tahun 2021 menyusul aturan perpanjangan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Level 4, Level 3, dan Level 2 di wilayah Jawa-Bali mulai 10-16 Agustus 2021.

Dalam Imendagri tersebut terdapat beberapa poin aturan baru, satu di antaranya mengenai pelaksanaan pembelajaran di area PPKM level 3.

Untuk pelaksanaan pembelajaran di wilayah yang masuk PPKM level 3 bisa melalui pembelajaran tatap muka terbatas atau pembelajaran jarak jauh.

Bagi satuan pendidikan yang melaksanakan pembelajaran tatap muka terbatas, dilaksanakan dengan kapasitas maksimal 50 persen kecuali untuk SDLB, MILB, SMPLB, SMLB, dan MALB, maksimal 62 - 100 persen dengan menjaga jarak minimal 1,5 meter dan maksimal lima siswa per kelas.

Sedangkan untuk PAUD maksimal siswa 33 persen, dengan menjaga jarak minimal 1,5 Meter dan maksimal lima siswa per kelas.

"Sistem persis pada saat pelaksanaan simulasi PTM beberapa waktu lalu, yaitu per kelas 50 persen siswa dengan melibatkan satgas sekolah dalam hal ini komite sekolah. Jadi katakan dalam satu kelas ada 30 siswa, maka nanti dibagi hari Kamis 15 siswa dulu nah 15 sisanya hari berikutnya terus seperti itu. Sedangkan siswa wajib memakai masker, mencuci tangan sebelum masuk kelas, dan tidak ada jam istirahat di luar kelas," jelasnya.

Ditanya mengenai total guru yang sudah tervaksin di Kabupaten Tegal berapa jumlahnya saat ini, menurut Was'ari sudah mencapai 80 persen dari target yang ditentukan.

Baca juga: 600 Kapal Cantrang Tegal Siap Tinggalkan Cantrang, Riswanto: Tapi Izin Alat Baru Belum Jalan

Baca juga: Sertifikat Vaksin Covid-19 Tak Muncul dan Tidak Mendapat SMS dari 1199? Telepon Nomor Ini

Baca juga: Ribuan Nakes di Kota Semarang Mulai Jalani Vaksin Tahap Tiga

Adapun mereka yang belum tervaksin kebanyakan karena pada saat alan divaksin ternyata tekanan darah tinggi, kadar gula tinggi, sehingga tidak bisa divaksin.

Namun tetap akan diusahakan ketika kondisi sudah memungkinkan maka tetap divaksin.

"Sesuai data yang ada di kami baik guru di sekolah negeri atau swasta yang terdaftar divaksin sekitar 8.000 orang, dan dari jumlah tersebut yang sudah tervaksin mencapai 80 persen," pungkasnya. (*)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved