Breaking News:

Berita Karanganyar

Panen Strawberry Tawangmangu Tidak Maksimal: Buah Rusak Karena Hujan

Hasil panen strawberry di lahan milik Larno yang berada di Sekipan Kecamatan Tawangmangu Kabupaten Karanganyar, tidak optimal antaran cuaca berubah.

Penulis: Agus Iswadi | Editor: Daniel Ari Purnomo
Tribun Jateng/ Agus Iswadi
Wisatawan petik buah strawberry di lahan milik Larno yang terletak di sekitar Sekipan Kecamatan Tawangmangu Kabupaten Karanganyar, Rabu (11/8/2021) sore. 

TRIBUNJATENG.COM, KARANGANYAR - Hasil panen strawberry di lahan milik Larno yang berada di Sekipan Kecamatan Tawangmangu Kabupaten Karanganyar, tidak optimal lantaran cuaca tidak menentu.

Larno memiliki 3 titik di sekitaran Sekipan yang digunakan untuk menanam strawberry.

Lahan tersebut total luasannya sekitar 3.000 meter persegi hingga 4.000 meter persegi.

"Sebenarnya ini sudah musim panen, cuaca tidak menentu. Karena hujan buahnya jadi rusak," katanya saat dihubungi Tribunjateng.com, Rabu (11/8/2021).

Dia menuturkan, musim panen biasanya akan berakhir pada Oktober 2021.

Lebih lanjut, persiapan atau mulai masa tanam telah dilakukannya sejak lima bulan lalu.

"Sebetulnya musim panen sampai Oktober. Biasanya itu mulai bisa dipetik setelah 120 hari (lebih) tanam," ucapnya.

Lantaran hasil panen strawberry tidak optimal banyak tamu yang kecewa sehingga membatalkan kunjungan ke wisata petik buah.

"Ini memang untuk petik saja (wisata). Kendala cuaca, buah rusak jadi tidak optimal. Banyak tamu yang balik (batal kunjungan)," terang Larno.

Sekali musim panen, biasanya dapat menghasilkan sekitar 1 ton lebih strawberry. Larno berharap cuaca mendukung dan tidak turun hujan hingga Oktober 2021 mendatang. Sehingga  panen strawberry dapat optimal.

Apabila membuat semacam bangunan semi permanen untuk melindungi tanaman strawberry dari hujan, lanjut Larno, itu tidak memungkinkan.

"Kalau musim pancaroba, angin besar. Konstruksi kalah. Ini nanti tergantung kedepan, masih ada kesempatan 2 bulan. Kalau cuaca mendukung tidak hujan masih ada kesempatan," ungkapnya. (Ais).

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved