Breaking News:

Opini

OPINI Satriyo Catur Widodo : SIJELI, Media Mendiseminasikan Hasil Penelitian di Kabupaten Kendal

Di era Revolusi Industri 4.0 penggunaan data dan informasi menjadi sangat dominan, karena data dan informasi merupakan salah satu bentuk kapital baru

Editor: Catur waskito Edy
Istimewa
Sijeli 

Oleh Satriyo Catur Widodo, ST,MT

ASN Pemkab Kendal

Di era Revolusi Industri 4.0 penggunaan data dan informasi menjadi sangat dominan, karena data dan informasi merupakan salah satu bentuk kapital baru untuk memenangi persaingan.

Termasuk dalam kegiatan perencanaan pembangunan harus didukung oleh data yang tepat, informasi akurat, dan dapat dipertanggung jawabkan, disinilah penelitian dan pengembangan (Litbang) memegang peran penting dalam mendorong kemajuan suatu negara.

Hasil litbang yang akurat dalam bentuk konsep, model, skenario, maupun rekomendasi kebijakan yang tepat dapat digunakan untuk mengatasi berbagai masalah publik mulai dari permasalahan sosial ekonomi, kesehatan, isu-isu lingkungan, krisis pangan dan energi hingga solusi dalam rangka meningkatkan produktivitas di berbagai sektor pembangunan.

Pengambil kebijakan di negara-negara maju umumnya terlebih dulu melakukan kegiatan penelitian dan kajian sebelum merumuskan, membuat, dan menetapkan suatu kebijakan pemerintah (policy) sehingga kebijakan yang diambil tepat sasaran dan tepat guna.

Merujuk pada Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 khususnya dalam pasal 373, pasal 374 dan pasal 388 disebutkan bahwa Kelitbangan sebagai salah satu instrumen pembinaan penyelenggaraan pemerintahan daerah, yang dimaksudkan untuk meningkatkan kinerja penyelenggaraan pemerintah daerah melalui pembinaan umum dalam bentuk fasilitasi, konsultasi, pendidikan dan pelatihan serta penelitian dan pengembangan.

Berbagai upaya yang dilakukan pemerintah daerah dalam menyikapi dinamika litbang dalam proses perencanaan pembangunan daerah adalah dengan memperkuat kebijakan pemerintah daerah berbasis kelitbangan terapan dan tematik di dalam perencanaan, memanfaatkan hasil-hasil penelitian sebagai bahan pertimbangan bagi pimpinan daerah dalam merumuskan kebijakan daerah, mendayagunakan hasil-hasil penelitian untuk mencapai visi misi pembangunan daerah.

Hasil penelitian dan pengembangan harus mampu memberikan solusi pemecahan permasalahan Kabupaten Kendal, yang dapat dijadikan dasar dalam pengambilan kebijakan strategis di daerah, terutama dalam menghadapi berbagai peluang, tantangan dan permasalahan pembangunan yang ada (research based policy).

Sesuai amanat Permendagri Nomor 17 Tahun 2016 tentang Pedoman Penelitian dan Pengembangan di Kementerian Dalam Negeri dan Pemerintahan Daerah, bahwa hasil-hasil kelitbangan dipublikasikan melalui majalah maupun laman website.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved