Breaking News:

Berita Pati

Cegah Penyalahgunaan Narkoba dari Desa, Kapolda Jateng Canangkan Kampung Tangguh Bersinar di Pati

Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad Luthfi secara resmi meluncurkan Kampung Tangguh Bersinar (Bersih dari Narkoba) Desa Tambaharjo Kecamatan Pati

Penulis: Mazka Hauzan Naufal | Editor: galih permadi
TRIBUN JATENG/MAZKA HAUZAN NAUFAL
Dari Pendopo Kabupaten Pati, Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad Luthfi secara resmi meluncurkan Kampung Tangguh Bersinar (Bersih dari Narkoba) Desa Tambaharjo Kecamatan Pati, Kamis (12/8/2021). 

TRIBUNJATENG.COM, PATI - Dari Pendopo Kabupaten Pati, Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad Luthfi secara resmi meluncurkan Kampung Tangguh Bersinar (Bersih dari Narkoba) Desa Tambaharjo Kecamatan Pati, Kamis (12/8/2021).

Hadir pula sejumlah pejabat di Pati, di antaranya Bupati Haryanto, Wakil Bupati Saiful Arifin, Kapolres AKBP Christian Tobing, dan Dandim Letkol Czi Adi Ilham Zamani.

Peluncuran Kampung Tangguh Bersinar di Pati ini ditandai dengan pemukulan gong oleh Kapolda dan penandatanganan komitmen bersama menuju Indonesia Bebas Narkoba.

Irjen Pol Ahmad Luthfi mengatakan, tujuan gagasan Kampung Tangguh Bersinar ialah agar kampung yang ditunjuk memiliki daya cegah, daya tangkal, dan berani tindak narkoba. 

"Tentu kepolisian tidak bisa berjalan sendiri. Perlu menggandeng stakeholder, contoh Pak Bupati Pati yang sudah memfasilitasi kegiatan dengan karang tarunanya. Karena hakikatnya kampung tangguh narkoba bersinar ini adalah dari masyarakat, oleh masyarakat, dan diperuntukkan bagi masyarakat," kata dia ketika diwawancarai awak media.

Ia menjelaskan, jika hanya dari TNI, Polri dan stakeholder saja yang bergerak, maka pemberantasan narkoba tidak akan maksimal. Sehingga, pihaknya membutuhkan peran serta masyarakat. 

"Selama masyarakat tidak sadar maka itu hal yang tidak bisa kita laksanakan secara maksimal. Kampung-kampung tangguh inilah yang akan kita jadikan percontohan untuk menberantas narkoba secara bersama-sama," jelas dia.

Irjen Pol Ahmad Luthfi mengatakan, kampung tangguh ini selain melaksanakan kegiatan kampung bersinar, juga akan disisipi pesan-pesan terkait protokol kesehatan.

"Jadi satu kampung atau posnya untuk konsultasi narkoba. Di sana kita menyelam sambil minum air untuk penanganan covid-19 minimal protokol kesehatan kita lakukan. Sehingga dua kegiatan bisa terlampaui," tandas dia.

Sementara, Kapolres Pati AKBP Christian Tobing menuturkan, pencanangan Kampung Tangguh Bersinar ini juga dilatarbelakangi kondisi di mana peredaran narkoba sudah sampai pelosok desa.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved