Breaking News:

Berita Semarang

PTM Terbatas Diperbolehkan di Wilayah Level 1-3, Sekolah: Kami Tunggu Keputusan Gubernur Saja

Sejumlah sekolah negeri di Provinsi Jawa Tengah, terutama yang ada di daerah level 1-3 pun belum berani melaksanakan PTM terbatas.

Penulis: mamdukh adi priyanto | Editor: moh anhar
Tribun Jateng/Desta Leila Kartika
Suasana pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) hari pertama di SMPN 1 Slawi Tegal, Kamis (12/8/2021). Terlihat siswa sedang mendengarkan penjelasan dari guru dengan tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat. 

TRIBUNJATENG.COM,SEMARANG - Berdasarkan aturan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) terbaru, pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas dapat dilakukan oleh sekolah yang berlokasi di wilayah PPKM level 1-3.

Namun, satuan pendidikan di wilayah PPKM level 4 masih tetap melaksanakan pembelajaran jarak jauh (PJJ).

Meski sekolah di wilayah PPKM Level 1-3 sudah bisa menggelar PTM terbatas, pelaksanaan pembelajaran dapat dilakukan melalui opsi PTM terbatas dan/atau PJJ.

Baca juga: Tenaga Kesehatan di Tegal Pekan Depan Mulai Disuntik Vaksin Booster Moderna

Baca juga: Syarat Baru Naik Kereta Api Jarak Jauh, Kartu Vaksin Dosis Pertama dan PCR

Baca juga: 5 Daftar Aplikasi Penghasil Uang Tanpa Undang Teman 2021, Dapat Cuan Hanya Selesaikan Misi

Hal tersebut sesuai dengan pengaturan dalam SKB Empat Menteri, yaitu Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan, dan Menteri Dalam Negeri tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di masa pandemi Covid-19.

Sejumlah sekolah negeri di Provinsi Jawa Tengah, terutama yang ada di daerah level 1-3 pun belum berani melaksanakan PTM terbatas.

Hal itu lantaran belum ada instruksi dari Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo meskipun Menteri Nadiem sudah memberikan lampu hijau.

"Kami masih menunggu perintah dari Pak Gubernur. Kami belum (melaksanakan PTM terbatas). Tidak berani. Kami masih daring full," kata Kepala SMAN 1 Parakan Temanggung, Retno Herwanti melalui sambungan telepon, Kamis (12/8/2021).

Ia membenarkan level Temanggung sudah level 3, namun demikian, keputusan dimulai atau tidaknya PTM terbatas tetap kewemangan Pemerintah Provinsi Jateng, dalam hal ini gubernur.

Menurutnya, selama pembelajaran jarak jauh (PJJ) hanya ada dua atau tiga siswa yang kerap ke sekolah. Mereka merupakan siswa yang kurang beruntung lantaran di tempat tinggalnya tidak terjangkau sinyal dan tidak memiliki telepon seluler.

"Mereka membutuhkan komputer, jadi memakai laboratorium komputer yang ada di sekolah. Kami persilakan. Paling jumlahnya dua dan tiga orang, tidak mesti. Karena Temanggung masih ada blank spot, karena pegununungan," jelasnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved