Breaking News:

Berita Banjarnegara

Ini Daftar Putra Putri Terbaik Banjarnegara yang akan Jadi Paskibraka di Peringatan HUT ke-76 RI

Menjadi Paskibra adalah kebanggaan tersendiri bagi pemuda atau pemudi terbaik bangsa. 

Penulis: khoirul muzaki | Editor: sujarwo
Tribun Jateng/Khoirul Muzaki
Suasana halaman kantor Bupati Banjarnegara tempat upacara peringatan HUT RI ke 76, (17/8/2021) mendatang 

TRIBUNBANYUMAS. COM, BANJARNEGARA - Menjadi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibra) adalah kebanggaan tersendiri bagi pemuda atau pemudi terbaik bangsa. 

Terlebih, untuk menjadi paskibraka, seorang atau pelajar harus melalui proses seleksi yang ketat. 

Tiap tahun, pemerintah mengadakan seleksi paskibra, dari tingkat kecamatan, kabupaten, hingga nasional untuk peringatan HUT Kemerdekaan RI.  Tetapi pandemi Covid 19 tahun ini membuat seleksi paskibraka tidak semeriah tahun-tahun sebelumnya. 

Ini lantaran upacara pengibaran bendera merah putih dibatasi, minimal di level kabupaten. Ini membuat kuota paskibraka, khususnya tingkat kabupaten dibatasi.

Kesempatan bagi putra putri bangsa untuk menjadi paskibraka di tahun ini pun menjadi lebih kecil.  Andri mengatakan, biasanya, paskibraka di tingkat kabupaten berjumlah 70 orang dengan formasi 17-8-45. 

Namun pada peringatan HUT ke-76 RI ini, jumlah itu dipangkas hanya tinggal 3 paskibraka inti, serta 3 paskibraka cadangan. 

"Karena masih pandemi, paskibraka hanya 6 orang, termasuk cadangan. Peserta juga dibatasi maksimal 40," kata Andri Mukti Sasongko, Kabag Pemerintahan Setda Kabupaten Banjarnegara, Jumat (13/8/2021)

Karena masih pandemi, paskibraka hanya 6 orang, termasuk cadangan. Peserta juga dibatasi maksimal 40," kata Andri Mukti Sasongko, Kabag Pemerintahan Setda Kabupaten Banjarnegara, Jumat (13/8/2021)

Pengurangan jumlah paskibraka ini tentu tak akan mengurangi kesakralan peringatan HUT RI. Sang saka merah putih akan tetap berkibar tinggi, meski bangsa tengah menghadapi situasi sulit pandemi. 

Andri mengatakan, paskibraka yang akan bertugas di upacara peringatan HUT RI ke 76, Selasa (17/8/2021) mendatang adalah peserta seleksi paskibraka di tingkat provinsi Jawa Tengah.  6 putra putri terbaik Banjarnegara siap bertugas pada upacara sakral tersebut. 

Kendati telah terlatih, mereka tetap menjalani latihan dan gladi bersih setiap hari menjelang detik-detik peringatan HUT RI ke 76. 

"Paskibraka akan memakai masker dan sesuai protokol kesehatan, " katanya

Ke enam putra putri terbaik Banjarnegara yang menjadi paskibraka itu meliputi, Wisnu Adi Baskoro dari SMA Negeri 1 Banjarnegara, Agus Setiawan dari SMA Negeri 1 Punggelan, dan Kamilia Hilma Fariktia dari MA Negeri 2 Banjarnegara sebagai tim inti.

Tiga putra putri terbaik lainnya sebagai tim cadangan meliputi, Andika Putra Widiarto dari SMA Negeri 1 Wanadadi, Ulfah Nuraini Aprilia dari SMA Negeri 1 Wanadadi, dan Adinda Wahyu Illahi dari SMKN 1 Wanayasa. (*)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved