Breaking News:

Berita Pati

Ini Nama-nama Anggota Paskibraka Kabupaten Pati 2021

Sebanyak 20 pemuda/pemudi khidmat mempraktikkan upacara Hari Kemerdekaan RI di halaman Sekda Kab Pati.

Penulis: Mazka Hauzan Naufal | Editor: sujarwo

TRIBUNJATENG.COM, PATI - Sebanyak 20 pemuda/pemudi tampak khidmat mempraktikkan upacara Hari Kemerdekaan RI di halaman Sekretariat Daerah Kabupaten Pati, Jumat (13/8/2021).

Mereka merupakan anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kabupaten Pati yang akan bertugas dalam upacara 17 Agustus 2021 mendatang.

Mereka berlatih dengan pengawasan langsung tim pelatih dari Kodim, Polres, Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata (Dinporapar), serta Purna Paskibraka Indonesia (PPI).

Seusai berlatih, mereka secara kompak meneriakkan yel-yel pengobar semangat.

“Tim Paskibraka ini merupakan hasil seleksi 2020 dan 2021. Dari hasil keputusan rapat panitia hari merdeka, yang bertugas tahun ini hanya delapan petugas untuk pengibaran bendera, kemudian delapan lagi untuk penurunan bendera. Di sini kami ambil 20 anak, empat orang untuk cadangan,” ujar Kasi Pendidikan dan Pengembangan Kepemudaan pada Dinporapar Pati, Heru Riandani.

Dani, sapaan akrabnya, mengatakan bahwa latihan upacara hari kemerdekaan telah dimulai sejak 3 Agustus lalu. Adapun pelaksanaan upacara pada Hari H nanti ialah di Lapangan Upacara Sekretariat Daerah Kabupaten Pati.

Adapun komposisi pengibar bendera ialah 10 orang dari hasil seleksi 2020, selebihnya hasil seleksi 2021.

“Tahun lalu mereka yang hasil seleksi 2020 belum berkesempatan tampil, karena upacara digelar terbatas, hanya dengan tiga orang petugas. Itu sesuai ketentuan pemerintah. Karena memang pandemi Covid-19 masih awal-awal,” jelas dia.

Anggota Paskibraka asal SMAN 1 Pati, Elid Damar Sakti, mengatakan bahwa ia dan rekan-rekannya sudah beberapa kali berpindah tempat latihan. Mulanya di Alugoro, kemudian pindah ke Stadion Joyokusumo, dan mendekati hari H ke halaman Sekretariat Daerah Kabupaten Pati.

“Saya sebagai siswa SMA harus turut serta dalam bela negara. Karena itu saya ingin menjadi Paskibraka, teman-teman juga sama seperti itu. Setelah terpilih, perasaan saya campur aduk. Tentu senang dan bangga. Namun ada dukanya juga, karena teman angkatan 2020 ada yang tidak berkesempatan tampil,” ungkap dia.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved