Hari Pramuka

Ini Makna logo Hari Pramuka ke 60 Tahun yang Dirayakan pada 14 Agustus 2021

Hari ini, tanggal 14 Agustus 2021 akan diperingati Hari Pramuka ke-60 tahun. Untuk memperingati hari jadi Gerakan Pramuka Indonesia ke-60

Istimewa
Logo Pramuka 

TRIBUNJATENG.COM, JAKARTA  -- Hari ini, tanggal 14 Agustus 2021 akan diperingati Hari Pramuka ke-60 tahun. Untuk memperingati hari jadi Gerakan Pramuka Indonesia ke-60, logo resmi peringatan Hari Pramuka sudah dirilis. 

Tahun ini, untuk memperingati Hari Pramuka, Kwartir Nasional Gerakan Pramuka (Kwarnas) telah mengeluarkan Surat Keputusan Nomor 27 Tahun 2021 yang berisikan logo peringatan Hari Pramuka ke-60 tahun. 

Bersumber dari laman Kwartil Daerah Gerakan Pramuka Yogyakarta, SK tersebut sebagai bentuk dukungan penyelenggaraan Peringatan 60 tahun Gerakan Pramuka di Indonesia. 

Gerakan Pramuka Indonesia memang akan merayakan hari jadi ke-60 tahun, terhitung sejak dikeluarkannya Keputusan Presiden Nomor 238 Tahun 1961 tentang Gerakan Pramuka. 

Baca Juga: Hari Pramuka 14 Agustus 2021: Sejarah singkat Gerakan Pramuka di Indonesia

Makna logo Hari Pramuka ke 60 tahun

Logo untuk memperingati Hari Pramuka ke 60 tahun memiliki makna yang mendalam. Berikut ini makna dari logo Hari Pramuka 2021 berdasarkan SK dari Kwarnas:

Warna merah berarti berani dan kesatria, sedangkan putih berarti rela dan tulus dalam berbakti.
Angka 60 melambangkan tahun keenampuluh hadirnya Gerakan Pramuka, dengan angka “6” yang tangkainya bekombinasi daun nyiur yang menunjukkan kecintaan Pramuka pada tanah air.

Lambang WOSM di tengah angka “0” menunjukkan Gerakan Pramuka sebagai satu-satunya organisasi kepanduan di Indonesia dan satu-satunya yang diakui oleh organisasi kepanduan dunia.
 

Dalam logo 60 tahun Gerakan Pramuka yang ditetapkan oleh Kwarnas tersebut juga terdapat slogan “Berbakti Tanpa Henti,” yang tentunya bermakna seluruh anggota Gerakan Pramuka selalu siap sedia untuk berbakti sampai kapanpun.

Masyarakat juga bisa ikut menyemarakkan peringatan Hari Pramuka ke-60 tahun dengan memakai twibbon #HariPramuka. 

Anda bisa klik pada link yang tertera di laman pramukadiy.or.id dan memasang foto terbaik, kemudian membagikannya di media sosial. (kontan.co.id)

Baca juga: Hotline Semarang : Apa Syarat Naik Trans Semarang Hanya Rp 60 di Hari Pramuka

Baca juga: Sambut Hari Pramuka ke-60, Naik BRT Trans Semarang Cuma Bayar Ongkos Rp 60

Baca juga: Reka Pramuka Peduli Racana Soedirman Unsoed Latih Anggota Peduli Alam Sekitar

Baca juga: Menyambut momen HUT Kemerdekaan RI ke-76. IM3 Ooredoo Hadirkan Gerai Online Indosat Ooredoo

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved