Breaking News:

Pertamina Cilacap

Misi Pemberdayaan 4 Proklim Binaan Pertamina RU Cilacap Sudah Terverifikasi

Sebanyak empat Program Kampung Iklim (Proklim) binaan Pertamina RU Cilacap sudah terverifikasi.

Editor: abduh imanulhaq
PERTAMINA CILACAP
Pelatihan siaga Covid-19 Pertamina RU Cilacap 

TRIBUNJATENG.COM, CILACAP – Sebanyak empat Program Kampung Iklim (Proklim) binaan Pertamina RU Cilacap sudah terverifikasi.

Tahapan verifikasi dilaksanakan secara virtual oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI sejak Senin-Jumat (9-13/8/2021).

Keempat Proklim tersebut masing-masing konservasi mangrove terpadu di Dusun Lempong Pucung, Desa Ujung Alang, Kecamatan Kampung Laut; kampung mandiri energi di Dusun Bondan, Desa Ujung Alang, Kecamatan Kampung Laut; Kampung Berkualitas (KB) ‘Gadis’ di Kelurahan Tegalreja, Kecamatan Cilacap Selatan; dan Koperasi Kemirean Asri, Kelurahan Tegalkamulyan, Kecamatan Cilacap Selatan.

Pjs. Area Manager Communication, Relations, & CSR Pertamina RU IV Cilacap, Edward Manaor Siahaan menjelaskan keempat proklim tersebut memiliki ciri khas dan karakter berdasarkan kearifan lokal.

“Di Dusun Bondan yang sebelumnya gelap gulita di malam hari karena ketiadaan penerangan listrik, Pertamina hadir memberikan solusi berupa pemanafaatan energi angin dan matahari menjadi Pembangkit Listrik Tenaga Hibrid (PLTH),” ujarnya.

Program Kampung Iklim (Proklim) binaan Pertamina RU Cilacap sudah terverifikasi
Program Kampung Iklim (Proklim) binaan Pertamina RU Cilacap sudah terverifikasi (Istimewa)

Selain itu di dusun tersebut, pada permasalahan sulitnya akses air bersih Pertamina bekerjasama dengan Politeknik Negeri Cilacap (PNC) melakukan rekayasa teknologi desalinasi yang mengubah air payau menjadi tawar dan layak konsumsi.

“Dua program ini ternyata berdampak luas dengan munculnya aktivitas perekonomian baru sehingga turut menambah penghasilan masyarakat setempat,” kata Edward.

Sedangkan dua proklim lainnya, masih kata Edward membawa misi pemberdayaan masyarakat melalui kekuatan dan potensi lokal yang ada.

Kampung KB ‘Gadis’ mengubah wilayah yang sebelumnya kumuh dan banyak permasalahan sosial kemasyarakatan menjadi lebih nyaman dan produktif.

“Sedangkan Koperasi Kemiren Asri memberdayakan kaum perempuan dengan berbagai aktivitas dan program inovatif,” ungkap Edward.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved