Breaking News:

Berita Purbalingga

116 Warga Binaan Rutan Kelas II B Purbalingga Terima Remisi

Seperti yang diketahui, remisi ini diberikan pada tiap peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia

Penulis: Permata Putra Sejati | Editor: muslimah
Dokumentasi Humas Pemkab Purbalingga
Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi saat penyerahan Surat Keputusan (SK) Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia terkait pemberian remisi kepada para napi di Purbalingga, Selasa (17/8/2021). 

TRIBUNJATENG.COM, PURBALINGGA - Sebanyak 116 warga binaan dari Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Purbalingga mendapatkan remisi atau pengurangan masa hukuman, Selasa (17/8/2021) di Aula Rutan Kelas II B Purbalingga

Pemberian remisi ini secara simbolis dilaksanakan dengan penyerahan Surat Keputusan (SK) Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia (MenkumHAM RI), dari Bupati dan Wakil Bupati Purbalingga kepada perwakilan warga binaan.

"Kami mengucapkan selamat, kepada warga binaan yang hari ini memperoleh remisi.

Mudah-mudahan remisi ini menambah semangat, motivasi bagi warga binaan dalam melangkah ke depan untuk menuju kehidupan yang lebih baik," ujar Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi, dalam rilisnya kepada Tribunbanyumas.com.

Seperti yang diketahui, remisi ini diberikan pada tiap peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia.

Mereka yang mendapat remisi tentunya warga binaan yang telah memenuhi syarat, yakni berkelakuan baik dan telah menjalani berbagai program binaan yang diselenggarakan rutan.

Adapun besaran remisi yang diberikan, yakni mulai dari 1 bulan hingga 4 bulan. 

Dari 116 warga binaan yang mendapat remisi, 20 diantaranya mendapat mendapat Remisi Umum Pertama (1 bulan), sedangkan 96 lainnya mendapat Remisi Umum Lanjutan.

"Pemberian remisi ini bukanlah hak, akan tetapi apresiasi yang diberikan Negara kepada warga binaan yang telah menunjukan perubahan perilaku yang lebih baik," katanya. 

Bupati juga menyatakan siap mensupport berbagai kegiatan pembinaan yang diselenggarakan pihak Rutan Kelas II B Purbalingga kepada warga binaan.

Khususnya dalam rangka memberikan pelatihan, keterampilan kerja atau membuat produk hasil kreatifitas yang bernilai jual.

"Saya melihat bahwa tembok rutan ini sesungguhnya tidak menghalangi warga binaan untuk terus berbuat berkarya berkreasi dan berprestasi untuk Purbalingga," tambahnya. 

Kepada Kepala Rutan Kelas II B Purbalingga, Bupati Tiwi menyampaikan agar tidak perlu sungkan meminta fasilitasi berbagai program pemberdayaan masyarakat ke Pemkab Purbalingga

Terlebih fokus pemerintah pusat saat ini adalah pemulihan ekonomi nasional (PEN).

"Kami di Dinperindag dan Dinkop UKM terdapat banyak bantuan termasuk dalam rangka memfasilitasi pendampingan UMKM dan fasilitasi peralatan," ungkapnya. (Tribunbanyumas/jti) 

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved