Breaking News:

Berita Batang

127 Napi Rutan Batang Terima SK Remisi, Ini Pesan Wabup Suyono

Sebanyak 127 narapidana Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIB Batang mendapatkan remisi umum di HUT Ke-76 Kemerdekaan RI .

Penulis: dina indriani | Editor: galih permadi
Wakil Bupati Batang Suyono didampingi Kepala Rutan Kelas IIB Batang
Wakil Bupati Batang Suyono didampingi Kepala Rutan Kelas IIB Batang, Rindra Wardana menyerahkan SK Remisi kepada Narapidana, Selasa (17/8/2021) 

TRIBUNJATENG.COM, BATANG - Sebanyak 127 narapidana Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIB Batang mendapatkan remisi umum di HUT Ke-76 Kemerdekaan RI . 

Surat Keputusan (SK) remisi dari Kementerian Hukum dan HAM diserahkan oleh Wakil Bupati Batang Suyono secara simbolis kepada dua narapidana.

Wabup Suyono mengatakan narapidana yang mendapat remisi untuk tetap berbuat baik dan melakukan hal yang lebih bermanfaat bagi dirinya orang lain dan lingkungan sekitar.

Menjalani hukuman sebagai narapida, merupakan bagian dari proses penyadaran diri dari kesalahahanya. 

"Masa lalu jangan sampai menjadi tujuan masa depan, oleh karena itu mulailah berbuat baik sekecil apapun dan dimanapun,"tuturnya.

Kepala Rutan Kelas IIB Batang, Rindra Wardana mengatakan, pemberian remisi diberikan kepada narapidana yang memenuhi persyaratan administratif dan subtantif. 

"Dari total penghuni Rutan sebanyak 303 orang, yang berhak mendapat remisi ada 127 orang,sisanya masih ada tahanan yang tidak memenuhi syarat," jelasnya.

Dari 127 napi yang mendapat remisi dari berbagi kasus seperti kekerasan dalam rumah tangga, perlindungan anak, pencurian, penggelapan dan pelanggaran lalu lintas serta narkotika. 

"Untuk kasus Narkotika ada sekitar 40 orang narapidana yang mendapatkan remisi, mereka yang dapat remisi ada yang satu bulan hingga enam bulan," ungkap Rindra Wardana. 

Ia pun menambahkan untuk remisi narapida di Rutan Kelas IIB Batang tidak ada yang langsung bebas, karena sudah ada program asimilasi. 

"Kebetulan selama pandemi Covid-19 ada program asimilasi,  sudah banyak yang bebas kemarin sehingga ini meraka hanya menerima remisi umum saja," pungkasnya. (din)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved