Breaking News:

Kendal Beribadat

Baznas Kendal Gelar Seleksi Beasiswa Tahfidz Al Quran, Diikuti 167 Santri Putra dan Putri

Pada bulan Agustus 2021 ini Baznas Kendal juga akan melakukan seleksi beasiswa program sarjana (S1) untuk keluarga tidak mampu bekerja sama dengan UIN

Editor: abduh imanulhaq
PEMKAB KENDAL
Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Kendal kembali melakukan seleksi penerimaan Beasiswa Tahfidz Al Quran 

TRIBUNJATENG.COM, KENDAL- Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Kendal kembali melakukan seleksi penerimaan Beasiswa Tahfidz Al Quran.

Pada tahun ini diikuti 167 santri dari pondok pesantren di Kendal yang memiliki program Tahfidz Al Quran.

Menurut Ketua Baznas Kendal KH M. Ubaidilah, kegiatan ini digelar 2 hari yang dimulai tanggal 14 Agustus 2021 di lantai 2 Masjid Agung Kendal, tentu dengan mematuhi protokol kesehatan.

Ia menjelaskan, kegiatan ini merupakan tahun ke 3 dengan jumlah peserta yang terus bertambah.

“Antusiasme peserta meningkat dari tahun ke tahun. Tahun 2019, pendaftar 100, lolos administrasi 40 orang. Dari kuota 35 beasiswa hanya terpenuhi 13 santri yang lolos. Tahun 2020, pendaftar 217 orang, lolos administrasi 99, setelah diseleksi lolos 37 orang. Tahun 2021 jumlah pendaftar 342 orang, lolos administrasi 167, akan diambil kuota 60 orang,” terang KH M. Ubaidilah, Minggu (15/8/2021).

Ketua Baznas Kendal menjelaskan, Tahfidz Al-Quran ini diikuti santri putra dan putri yang sedang menghafal Al-Quran di pondok pesantren di Kendal yang terdaftar di Kemenag.

Seperti tahun-tahun  lalu seleksi terdapat tiga majlis, yaitu menghafal juz 1-10, juz 1-20, dan juz 1-30.

Kategori penilaian antara lain fasohah (kefasihan), tahfiz, tajwid, dan adab dengan Dewan Juri 9 orang.

Menurut KH. M. Ubaidilah, peserta yang lolos akan mendapat beasiswa dari Baznas Kendal Rp 6 juta selama 1 tahun dan diberikan maksimal Rp 500 ribu tiap bulan.

Pengambilan melalui Bank BSI (Bris), mereka yang lolos seleksi akan dibuatkan rekening.

Plt Wakil Ketua 3 bidang perencanaan dan keuangan Nunuk Sarah Zenubia menambahkan, total jumlah beasiswa santri Tahfidz Tahun ini Rp 360 juta.

Pada Agustus ini, Baznas Kendal juga akan melakukan seleksi beasiswa program sarjana S1 untuk keluarga tidak mampu bekerja sama dengan UIN Walisongo Semarang.

Saat ini tengah dilakukan penggodokan PKS. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved