Breaking News:

Berita Kudus

HUT ke-76 RI, Dua Narapidana di Kudus Bebas

Dua narapidana di Rumah Tahanan (Rutan) Kelas II B Kudus bebas setelah mendapat remisi umum peringatan ulang tahun ke-76 Republik Indonesia

Penulis: Rifqi Gozali | Editor: muslimah
TribunJateng.com/Rifqi Gozali
Penyerahan remisi secara simbolis kepada narapidana Rutan Kelas II B Kudus, Selasa (17/8/2021). 

TRIBUNJATENG.COM, KUDUS - Dua narapidana di Rumah Tahanan (Rutan) Kelas II B Kudus bebas setelah mendapat remisi umum peringatan ulang tahun ke-76 Republik Indonesia.

Sedianya ada tiga narapidana yang bebas, satu lainnya masih harus menjalani subsider.

"Yang stau subsider menjalani hukuman tiga bulan karena tidak mampu membayar subsider," ujar Kepala Rutan Kelas II B Kudus, Suprihadi, Selasa (17/8/2021).

Pada remisi umum peringatan kemerdekaan RI ini, katanya, pihaknya mengajukan 89 narapidana agar mendapat remisi.

Hanya saja, yang diamini untuk mendapat remisi sebanyak 84 narapidana.

Rata-rata narapidana yang mendapat remisi dijatuhi hukuman 2 tahun, 5 tahun, dan 7 tahun. Mereka berangkat dari berbagai kasus.

Untuk mendapatkan remisi ini, satu di antara yang harus dipatuhi narapidana yakni menjalankan segenap tata tertib yang berlaku di dalam rutan.

Penyerahan remisi ini berlangsung secara simbolis setelah upacara peringatan HUT ke-76 Republik Indonesia di halaman Pendopo Kudus. Bupati Kudus HM Hartopo berkesempatan menyerahkan secara simbolis remisi tersebut.

"Remisi ini tentunya ada penilaian-penilaian yang terbaik. Pembinaan di rutan bisa berbuat yang terbaik, supaya bisa dapat remisi," kata Hartopo.

Dia menitip pesan agar para narapidana yang memperoleh remisi tidak mengulang kesalahannya. Perbuatan yang pernah dia lakukan hingga akhirnya mengantarkannya masuk ke dalam penjara harus menjadi tumpuan dalam introspeksi diri agar tidak diulang.

"Harus berbuat lebih baik. Transformasi ke yang lebih baik," kata dia. *)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved