Breaking News:

Berita Kebumen

Saat Detik-detik Proklamasi, Warga Poncowarno Hentikan Aktifitas Pasar dan Kibarkan Merah Putih

Untuk hormati peringatan detik-detik proklamasi, tak harus berada di tengah upacara dengan pakaian formal.

Penulis: khoirul muzaki | Editor: sujarwo
Ist./Humas Polres
Masyarakat Desa/Kecamatan Poncowarno hormati detik-detik proklamasi di jalan. 

TRIBUN BANYUMAS. COM, KEBUMEN - Untuk menghormati peringatan detik-detik proklamasi, tidak harus berada di tengah upacara khusus dengan mengenakan pakaian formal. Di manapun berada, warga bisa melakukannya. 

Terlebih di masa pandemi seperti ini, masyarakat bisa mengikuti upacara secara virtual dari Istana Merdeka di tempatnya masing-masing. 

Seperti dilakukan masyarakat Desa/ Kecamatan Poncowarno. Mereka memilih berhenti sejenak menghormati peringatan detik-detik Proklamasi di tengah jalan. Seluruh aktivitas mereka tinggalkan demi menghormati perjuangan bangsa meraih kemerdekaan. 

Warga berkumpul di tengah jalan dan melakukan hormat bendera serta berdiri tegap dengan posisi sempurna.Pelaksanaan yang dikawal oleh Polsek Poncowarno berjalan khidmat dengan tetap memerhatikan protokol kesehatan.  Warga pun tetap mengenakan baju biasa yang dipakai untuk aktivitas harian. 

Bendera merah putih dikibarkan di tengah jalan. Suasana sejenak hening, lalu lintas lengang. 

Kapolres Kebumen AKBP Piter Yanottama melalui Kasi Humas Polres Iptu Tugiman mengapresiasi apa yang dilakukan oleh warga sekitar Poncowarno. 

"Luar biasa pelaksanaan detik-detik Proklamasi di Poncowarno. Warga begitu kompak," jelasnya, 

Warga berkumpul mengitari bendera merah putih yang dikibarkan di simpang empat Pasar Poncowarno

Sejenak aktifitas di pasar pun dihentikan warga saat sirine detik-detik Proklamasi dibunyikan untuk menghormati momen bersejarah tersebut. 

Seperti diketahui, upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus 2021 kembali digelar secara terbatas dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat. 

Untuk menjaga kekhidmatan acara dan menghormati peringatan tersebut, seluruh masyarakat diharapkan dapat menghentikan kegiatan sejenak dan mengambil sikap sempurna pada hari ini, Selasa 17 Agustus 2020 pukul 10.17 WIB. (*)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved