Breaking News:

Berita Batang

Dinkes Batang Usulkan 2.880 Ibu Hamil Terima Vaksin

Ibu hamil tergolong dalam kelompok rentan tertular virus Covid-19, untuk itu ikut vaksinasi.

Penulis: dina indriani | Editor: sujarwo
TRIBUNJATENG/DINA INDRIANI
Ilustrasi. Kapolres Batang AKBP Edwin Louis Sengka, Bupati Batang Wihaji dan Forkopimda saat meninjau vaksinasi di Gor Sarengat, beberapa waktu lalu. 

TRIBUNJATENG.COM, BATANG - Ibu hamil tergolong dalam kelompok rentan tertular virus Covid-19, untuk itu upaya pencegahannyaa adalah dengan ikut vaksinasi.

Pemerintah pun telah memperboleh kan ibu hamil untuk mendapatkan vaksinasi dan termasuk kelompok prioritas.

Untuk itu, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Batang telah mengusulkan sebanyak 2.880 ibu hamil menerima vaksin Covid-19. 

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dibkes Batang, dr Utariyah Budisastuti mengatakan data tersebut telah melalui pemetaan ibu hamil yang membutuhkan vaksin dengan usia kehamilan 14-33 minggu pada bulan Agustus 2021. 

"Data yang kita punya ada 2.880 ibu hamil, dan untuk ibu hamil diperbolehkan vaksin pada usia 14 minggu sampai 33 minggu," tuturnya, Rabu (18/8/2021).

Dia menjelaskan pada usia 14 minggu sampai dengan 33 minggu merupakan usia janin yang aman. 

"Kalau masih di usia 3 bulan pertama merupakan fase pembentukan janin sehingga rawan, kita usulkan ibu hamil karena rentan terhadap penyakit, kehamilan membuat sistem imun wanita berubah dan salah satu usaha kita ya mengusulkan mendapatkan vaksin Covid-19," jelasnya. 

Pihaknya pun telah melakukan sosialisasi kepada ibu hamil terlebih dahulu sebelum mendapatkan vaksin

"Bidan desa sudah sosialisasi memberikan penjelasan vaksin ke ibu hamil, Insyaallah aman," ujarnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Batang dr Didiet Wisnuhardanto menambahkan vaksinasi ibu hamil rencananya akan berlangsung di bulan Agustus.

"Diperkirakan vaksinasi ibu hamil dilakukan bulan Agustus, kalau jadwal hari pelaksanaan belum ada, yang terpenting kita sudah mengusulkan, tinggal menunggu droping dari Pemprov Jateng," pungkasnya. (*)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved