Breaking News:

Berita Solo

Ikhtiar Rutan Solo Tingkatkan Taraf Hidup Warga Binaan, Dapat Proyek Pembuatan Goodibag 

Ikhtiar Rutan Klas IA Solo untuk meningkatkan taraf kehidupan warga binaan akhirnya bisa diwujudkan. 

Penulis: Muhammad Sholekan | Editor: sujarwo
Tribun Jateng/Muhammad Sholekan
Warga binaan Rutan Klas IA Solo saat mendapatkan pelatihan menjahit beberapa waktu lalu. 

TRIBUNJATENG.COM, SOLO - Ikhtiar Rumah Tahanan (Rutan) Klas IA Solo untuk meningkatkan taraf kehidupan warga binaan akhirnya bisa diwujudkan. 

Sebelumnya, proses produksi sempat tertunda terkait adanya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), akhirnya mulai bergeliat. 

Kepala Rutan Klas IA Solo, Urip Dharma Yoga menjelaskan, pihkanya menerima pesanan ini diterima dari salah satu pimpinan daerah di Jawa Tengah. 

"Kita mendapat proyek untuk dibuatkan goodibag. Di awal kemarin, kita mendapat proyek 3.900 pcs," ucap Urip, Rabu (18/8/2021). 

Menurutnya, untuk tiap satu goodibag, warga binaan mendapat upah Rp 2 ribu. 

"Tentu ini menjadi semangat bagi warga binaan kita. Terlihat dari semangat mereka, antusias warga binaan kami untuk menyelesaikan pesanan pertama kita," terangnya. 

Urip menjelaskan, dalam sehari, 50 warga binaan yang sebelumnya sudah mendapat pelatihan ini mengatakan dapat menyelesaikan 800 pcs. 

"Kita menyelesaikan pesanan tersebut dan sudah dikirim. Kita juga memastikan produk lolos quality control. Sehingga kepuasan pelanggan terjamin," katanya.

Pihaknya, lanjut Urip, saat ini masih menunggu adanya pesanan lanjutan. 

"Namun saya terus meminta mereka tidak berhenti menjahit supaya ilmu mereka terus terasah. Nantinya karya mereka tetap bisa dijual," jelasnya. 

Urip menekankan, kepada para warga binaanya untuk tidak memikirkan pendapatan semata, namun ilmu yang telah diperoleh. 

"Apalagi mereka sudah mengantongi sertifikat resmi. Sehingga besok mau kerja di pabrik atau membuat usaha sendiri sudah punya modal," jelasnya. (*) 

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved