Breaking News:

Berita Nasional

Kenakan Pakaian Adat Minang, Puan Maharani Dipuji Tokoh Minangkabau

Ketua DPR RI, Puan Maharani mengenakan pakaian adat Minangkabau saat membacakan teks proklamasi Kemerdekaan ke-76 RI di Istana Negara, Selasa (17/8).

Editor: Catur waskito Edy
YouTube.com/Sekretariar Presiden
Ketua DPR Puan Maharani saat membacakan teks proklamasi dalam Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI di Istana Merdeka, Selasa (17/8/2021). 

TRIBUNAJTENG.COM, JAKARTA -- Ketua DPR RI, Puan Maharani mengenakan pakaian adat Minangkabau saat membacakan teks proklamasi Kemerdekaan ke-76 RI di Istana Negara, Selasa (17/8).

Pakaian yang dikenakan Puan mengundang reaksi dari sejumlah elemen di tanah Minangkabau.

Ketua Umum Organisasi Bundo Kanduang Minangkabau Sumatera Barat, Puti Reno Raudhatul Jannah Thaib mengaku sangat bangga melihat Puan Maharani menggunakan pakaian adat minangkabau tersebut.

"Secara tidak langsung, Puan ikut memperkenalkan Budaya Minangkabau lewat pakaian adat yang terkenal dengan sistem matrilineal," kata Raudah Thaib pada CNNIndonesia.com Selasa (17/8).

Sastrawan Minangkabau itu juga mengatakan pakaian yang digunakan Puan tersebut merupakan pakaian adat yang berasal dari Lintau, Tanah Datar, Sumatera Barat. Namun sudah dilakukan beberapa modifikasi pada beberapa detailnya.

Raudah menyatakan, Puan Maharani merupakan anak seorang Datuak Minangkabau.

Tidak hanya itu, Megawati, Ibu Puan juga sudah pernah diberi gala (gelar) kekerabatan Puti Reno Nilam oleh Istano Salinduang Bulan Pagaruyung pada saat beliau menjabat sebagai presiden, jadi Puan layak untuk mengenakannya.

"Secara keturunan, Puan merupakan anak seorang Datuak dari Nagasi Sabu, Tanah Datar. Bahkan menurut berbagai sumber, neneknya pun juga berasal dari pesisir Minangkabau," jelas Raudah.

Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy mengaku bangga dan menyebut Puan terlihat cantik dan anggun dengan busana tersebut.

"Bu Puan terlihat makin cantik dengan busana tersebut," kata Audy di Istana Gubernuran Sumbar.

Audy sangat yakin Puan Maharani sangat bangga mengenakan busana Minang, karena punya garis keturunan dari Minangkabau. Kebanggaan yang sama juga dirasakan oleh masyarakat Sumatera Barat.

"Pasti bangga juga beliau mengenakan itu. Begitupun juga dengan kami di Sumatera Barat. Luar biasa ya," katanya.

"Memang setahu kami beliau ada keturunan Minang. Mencerminkan kampung beliau," tambah dia. (cnn)

Baca juga: Pencari Sarang Walet Tewas Tejatuh Dari Jurang Sedalam 150 Meter

Baca juga: Dico M Ganinduto: Pandemi Covid-19 Bagai Kawah Candradimuka, menguji Kita Jadi Bangsa Tahan Banting

Baca juga: Tukul Arwana Kebanjiran Ucapan Selamat Menempuh Hidup Baru gara-gara Fotonya Bersama Anak

Baca juga: Bahaya Minum Rebusan Jahe saat Perut Kosong, Simak Panduan Konsumsinya

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved