Breaking News:

Bea Cukai Tanjung Emas

Otomasi dan Integrasi Layanan Rush Handling Bea Cukai

Menjawab kebutuhan terkait isu terkini, Bea Cukai perbarui aturan terkait Pelayanan Segera (Rush Handling) atas barang impor tertentu.

Editor: abduh imanulhaq
BEA CUKAI TANJUNG EMAS
Otomasi dan Integrasi Layanan Rush Handling Bea Cukai 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Menjawab kebutuhan terkait isu terkini, Bea Cukai perbarui aturan terkait Pelayanan Segera (Rush Handling) atas barang impor tertentu yang karakteristiknya perlu segera dikeluarkan dari kawasan pabean sesuai dengan PMK NOMOR 74/PMK.04/2021. Kamis (18/08/2021) Bea Cukai Tanjung Emas sosialisasikan pembaruan peraturan ini.

Berbagai pembaruan dilakukan salah satunya otomasi layanan yang masih manual, otomasi dan integrasi ini menjawab kebutuhan isu terkini yakni Single Submission (SSM) Bea Cukai- Karantina di bandara untuk mendukung National Logistic Ecosystem (NLE) serta Impor alat kesehatan dan vaksin untuk penanganan COVID-19.

“Selain otomasi layanan perabuhan peraturan ini dilatarbelakangi oleh kepatuhan layanan belum tinggi, ketentuan eksisting belum detail, beberapa praktik di lapangan belum terintegrasi dan masukan dari seluruh pihak termasuk kantori pelayanan, rekomendasi BPK dan Inspektorat Jenderal,” ungkap Dony Kristiawan Pemeriksa Bea Cukai saat memberikan sosialisasi kepada pengguna jasa Bea Cukai Tanjung Emas.

Beberapa hal detail yang diperbarui yakni penggunaan sistem otomasi layanan, kriteria dan penambahan jenis barang, standarisasi permohonan dan layanan, penyeragaman pemenuhan ketentuan lartas, pengecualian atas penyerahan jaminan, penggunaan management risiko, service level agreement (SLA) layanan, pengesahan permohonan yang diperlakukan sebagai pemberitahuan pabean, jangka waktu penyelesaian rush handling dan sanksi layanan serta penyelesaian barang eksep.

“Adanya pembaharuan peraturan ini diharapkan mampu memberikan fasilitas untuk memenuhi perkembangan bisnis dan kebutuhan praktek dilapangan. Apalagi isu terkini terkait impor untuk penanganan Covid-19,” terang Kepala Kantor Bea Cukai Tanjung Emas, Anton Martin. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved