Breaking News:

Berita Kesehatan

Ini Manfaat Tumbuhan Takokak, Bisa Mengobati Disfungsi Ereksi dan Mencegah Diabetes

Takokak (Solanum torvum) merupakan keluarga terong-terongan. Tumbuh liar di kebun dan tepi hutan.

Editor: galih permadi
budi santoso/BKSDA Jateng
Tanaman Takokak untuk mencegah diabetes 

TRIBUNJATENG.COM - Takokak (Solanum torvum) merupakan keluarga terong-terongan. Tumbuh liar di kebun dan tepi hutan.

Meski sekilas sama leunca, namun ternyata kedua sepsis tersebut beda.

Perbedaan keduanya ada pada tekstur dan warna. Leunca lebih empuk dan berwarna hijau terang dan warnanya berubah keunguan ketika sudah matang.

Sementara takokak memiliki kulit yang lebih keras, warnanya hijau kusam. Namun demikian keduanya sama-sama bias dikonsumsi. Meski beberapa orang mengatakan rasa takokak lebih pahit daripada leunca.

Manfaat
Meski kerap ditemukan di tempat yang tak lazim, manfaat buah Takokak untuk kesehatan begitu banyak, antara lain;

1. Meningkatkan daya tahan tubuh, hal tersebut karena kandungan antioksidan buah takokak yang tinggi.

2. Mencegah risiko kanker, Kandungan antioksidan solanin, solasodin dan solamargin pada buah takokak dapat mengurangi risiko kanker dengan menghambat pertumbuhan sel-sel abnormal di tubuh.

3. Mengatasi diabetes, buah Takokak mengandung metil caffeate, sebuah zat fenolik alami yang memiliki efek antihiperglikemik. Pada tikus percobaan dengan penyakit diabetes yang diinduksi streptozotocin, metil caffeate dapat menghasilkan penurunan yang signifikan dalam glukosa darah dan peningkatan berat badan.

4. Mencegah stroke dan penyakit jantung, buah Takokak juga mengandung antioksidan saponin, flavonoid, alkaloid, glikosida, dan tannin. Deretan senyawa tersebut mampu menurunkan tekanan darah dan mengurangi kadar kolesterol jahat dalam darah, penyebab penyakit kardiovaskular seperti stroke dan penyakit jantung.

5. Memperbaiki disfungsi ereksi, kandungan nutrisi dalam buah takokak berfungsi memperlancar aliran darah ke seluruh tubuh. Aliran darah ke penis yang lancar mampu memperbaiki kerusakan saraf pada konektor neuron yang menghubungkan sistem kerja otak di penis yang berakibat normalnya fungsi penis.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved