Breaking News:

Otomotif

Kendaraan Keluaran Baru Disarankan Gunakan Pertamax, Ini Penjelasannya

Menurutnya, penggunaan BBM dengan RON lebih rendah sangat beresiko bagi kinerja mesin. Hal ini dikarenakan pembakaran dari BBM dengan oktan rendah tid

Penulis: Idayatul Rohmah | Editor: m nur huda
Tribun Jateng/Idayatul Rohmah
Dua orang wanita sedang menunggu pengisian BBM Pertamax oleh seorang petugas di SPBU Bogorame, Demak, beberapa waktu lalu. 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Kendaraan keluaran baru disarankan untuk menggunakan bahan bakar minyak (BBM) dengan oktan tinggi seperti Pertamax.

Hal ini karena Pertamax memberikan pembakaran yang sempurna, sehingga membuat performa kendaraan menjadi maksimal. 

Dosen Teknik Mesin Politeknik Negeri Semarang, Muhammad Showi Nailul Ulum, S.Pd., M.T., mengatakan, baik sepeda motor maupun mobil saat ini memiliki kompresi yang tinggi, sehingga membutuhkan BBM dengan oktan yang tinggi, guna memaksimalkan kinerja mesin. 

Apalagi, saat ini rata – rata kendaraan baru telah menggunakan teknologi injeksi. 

"Kalau RON semakin tinggi, maka titik nyala apinya juga tinggi, sehingga pembakarannya lebih sempurna dan dayanya juga akan meningkat," katanya

Menurutnya, penggunaan BBM dengan RON lebih rendah sangat beresiko bagi kinerja mesin. Hal ini dikarenakan pembakaran dari BBM dengan oktan rendah tidak sempurna.

"BBM dengan oktan rendah maka titik nyalanya juga akan lebih rendah. Bahkan nanti akan terjadi yang namanya detonasi," ungkap Showi seperti dalam keterangan tertulis yang diterima tribunjateng.com, Kamis (19/8/2021).

Jika terjadi detonasi, lanjutnya, maka piston akan memiliki beban kinerja yang lebih berat dan beresiko mengalami kerusakan.

Selain itu, tidak menutup kemungkinan beban kerja piston terlalu berat dan berakibat pada mesin yang akan mengalami 'over heat'.

"Apabila pembakaran tidak sempurna maka piston bisa kocak istilahnya, dan bahkan bisa juga terjadi 'over heat'," ujarnya. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved