Breaking News:

Berita Pendidikan

Menteri Nadiem kepada Mahasiswa Unnes: Kalian Miliki Kemerdekaan Luas untuk Tentukan Masa Depan

Mendikbud Nadiem Makarim menyebutkan, menjadi mahasiswa berarti kalian memiliki kemerdekaan yang lebih luas untuk menentukan arah masa depan

Penulis: mamdukh adi priyanto | Editor: moh anhar
HUMAS UNNES
Jajaran pimpinan kampus Unnes mengikuti pembukaan PKKMB 2021. 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Anwar Makarim memberikan selamat dan arahan kepada para mahasiswa baru Universitas Negeri Semarang (Unnes).

Hal itu disampaikan saat program Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) Unnes 2021 yang mengusung tema Sinergi Mahasiswa Unnes Menjaga Kebinekaan Untuk Indonesia Tangguh Dan Tumbuh pada Rabu (18/8/2021).

"Menjadi mahasiswa tidak sama dengan kenaikan jenjang sekolah. Menjadi mahasiswa berarti kalian memiliki kemerdekaan yang lebih luas untuk menentukan arah masa depan," kata Nadiem dalam PKKMB yang dilaksanakan secara virtual.

Ia menjelaskan bahwa melalui Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), pihaknya berusaha memberikan kesempatan kepada seluruh mahasiswa Indonesia untuk belajar di luar program studinya atau pun di luar kampusnya.

Baca juga: Rizky Billar Grogi Jelang Akad Nikah, Salah Ucap Kalimat Ijab Kabul Saat Latihan

Baca juga: Termasuk Membantu Menyehatkan Ginjal, Ini 9 Manfaat Pisang Kepok Rebus yang Jarang Diketahui

Baca juga: Not Angka Pianika Halo Halo Bandung Ibukota Periangan Lirik

Hal itu dalam rangka mewadahi keragaman minat dan ketertarikan para mahasiswa.

Selain itu, Nadiem meminta seluruh mahasiswa bersama-sama berkonstribusi untuk kemajuan negeri melalui partisipasi aktif dalam mendukung keberhasilan program MBKM.

"Komitmen kami untuk memerdekakan pendidikan tinggi tidak akan membuahkan hasil tanpa dukungan dan partisipasi teman-teman dalam program kampus merdeka. Manfaatkan masa kuliah kalian untuk mengenal diri kalian, membangun jembatan untuk meraih mimpi, dan berkontribusi untuk negeri," jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut, hadir juga secara virtual Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo mantan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Komjen Pol (Purn) Suhardi Alius sebagai narasumber.

Sementara, Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo mengingatkan bahwa keberhasilan memasuki dunia perkuliahan bukanlah titik akhir pejuangan, melainkan awal proses kehidupan akademis di kampus.

"Selain itu, juga sebagai wadah dalam mengaktualisasikan diri sebagai insan cendekian dalam kehidupan bermasyarakat," ucapnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved