Breaking News:

Herbal

Qusthul Hindi, Dipercaya Bermanfaat bagi yang Jalani Isoman

Banyak cara dilakukan masyarakat untuk tetap menjaga imunitas, diantaranya konsumsi tanaman tradisional.

Editor: sujarwo
Net
Ilustrasi qusthul hindi yang memiliki nama ilmiah saussurea lappa atau saussurea costus 

TRIBUNJATENG.COM - Banyak cara dilakukan masyarakat untuk tetap menjaga imunitas, diantaranya mengkonsumsi tanaman tradisional yang diyakini bisa meningkatkan imun tubuh.

Belum lama juga sempat ramai soal pemanfaatan qusthul hindi untuk diberikan kepada mereka yang sedang menjalani isolasi mandiri atau isoman.

Dikutip dari Tribun Sumsel, kabar yang menyatakan bahwa qusthul hindi sebagai obat Covid-19 telah dibantah oleh Satgas Covid-19 dan dinyatakan sebagai informasi yang salah. 

Tetapi herbal qusthul hindi yang memiliki nama ilmiah saussurea lappa atau saussurea costus telah dikenal manfaatnya untuk kesehatan. 

Hingga kini obat Covid-19 atau makanan yang dapat mencegah atau menyembuhkan Covid-19 masih belum ditemukan atau belum ada data yang meyakinkan. 

Tetapi makanan atau herbal apapun yang barguna bagi sistem imun dipersilakan untuk dikonsumsi pasien Covid-19 yang menjalani isolasi mandiri. 

Karena menurut data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) 80 persen pasien Covid-19 bisa sembuh dengan sendirinya tanpa perawatan medis atau obat-obatan.

Melansir Verry Well Health, disebutkan qusthul hindi telah dikenal di berbagai negara dan masing-masing negara memiliki penyebutan yang berbeda terhadap herbal itu.

Misalnya herbal tersebut juga dikenal dengan nama Mokkou (Jepang) dan Mu Xiang (China).

Sedangkan penyebutan qusthul hindi berasal dari India atau di Indonesia dikenal juga dengan nama kayu India. 

Halaman
123
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved