Berita Semarang

Semarang Zoo Beri Pakan Hewan Andalkan Dana Simpanan Hasil Penjualan Tiket Lebaran

Destinasi wisata Semarang Zoo kini sudah beroperasi kembali menyusul kebijakan Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi yang telah mengizinkan obyek wisata

Penulis: iwan Arifianto | Editor: m nur huda
tribun jateng/Dok. Semarang Zoo
Petugas Semarang Zoo saat memeriksa pengunjung yang menunjukan kartu vaksin sebagai syarat utama masuk ke destinasi tersebut, Sabtu (21/8/2021). 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Destinasi wisata Semarang Zoo kini sudah beroperasi kembali menyusul kebijakan Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi yang telah mengizinkan obyek wisata kembali dibuka di PPKM Level 3.

Direktur Semarang Zoo Choirul Awaludin mengatakan, pembukaan tempat wisata dimanfaatkan semaksimal mungkin oleh pihaknya untuk menggaet pengunjung. 

Pasalnya, selama Semarang Zoo ditutup biaya operasional pakan hewan ditanggung oleh dana cadangan hasil penjualan tike liburan lebaran.

"Biaya pakan satwa termasuk tinggi perbulan dapat mencapai Rp180 juta. Kalau tidak mengejar penjualan tiket tentu akan repot," katanya saat dihubungi Tribunjateng.com, Sabtu (21/8/2021).

Ia menyebut, target kunjungan Semarang Zoo sebesar 25 persen dari kapasitas pengunjung atau sebesar 7.500  pengunjung.

Pihaknya getol mengejar target penjualan tiket tersebut karena operasional Semarang Zoo tergantung dari pendapatan tiket pengunjung.

"Dana cadangan hasil penjualan tiket liburan idul fitri juga terbatas jadi kami maksimalkan sampai akhir bulan ini," tuturnya.

Ia menjelaskan, kini pihaknya kembali menggiatkan berbagai kegiatan promosi dan sosialisasi agar menaikan jumlah pengunjung.

Kondisi terkini jumlah pengunjung memang masih sangat jauh, selama buka di PPKM Level tiga tiap hari rata-rata menerima 50 orang dengan menolak pengunjung tak terlalu banyak yakni hanya dua keluarga.

Padahal  jumlah pengunjung harian Semarang Zoo rata-rata mencapai 300 orang.

"Kami mengulang lagi untuk promosi karena sempat buka tutup mengikuti kebijakan Pemerintah sehingga pengunjung juga bingung ini buka atau tidak," terangnya.

Selama PPKM Level 3, lanjut ia, tiap pengunjung harus menerapkan  protokol kesehatan dan wajib menunjukan kartu vaksin. Jam operasional hari biasa pukul 08-00 sampai 15-00 dan hari libur 08.00 sampai 16.00.

Soal tarif di Semarang Zoo masih tetap sama yakni Rp20 ribu perorang di hari biasa, weekend sebesar Rp25 ribu dan libur hari besar Rp30 ribu.

"Sejauh ini selama PPKM Level 3 yang berkunjung dominasi wisatawan lokal Semarang," bebernya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved