Breaking News:

Berita Internasional

Situasi Berubah, Evakuasi WNI dari Afghanistan Gunakan Pesawat Militer & Secara Rahasia

Evakuasi WNI dari Afghanistan dilakukan emnggunakan pesawat militer. Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengungkapkan, rencana evakuasi warga negara In

Editor: m nur huda
YouTube.com/MoFA Indonesia
Warga negara Indonesia yang dievakuasi dari Afghanistan tiba di Bandara Halim Perdanakusuma, Sabtu (21/8/2021) dini hari. 

TRIBUNJATENG.COM, JAKARTA - Evakuasi Warga Negara Indonesia (WNI) dari Afghanistan dilakukan emnggunakan pesawat militer.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengungkapkan, rencana evakuasi warga negara Indonesia (WNI) dari Afghanistan dirancang dan dipersiapkan secara berhati-hati dan rahasia atau low key.

"Rencana evakuasi ini dirancang dan dipersiapkan secara matang selama beberapa hari, secara hati-hati, dan low key," kata Retno dalam konferensi pers di Bandara Halim Perdanakusuma, Sabtu (21/8/2021).

Ia mengatakan, kehati-hatian dan sifat low key tersebut diperlukan karena adanya dinamika lapangan yang sangat tinggi dan situasi yang sangat cair.

"Semua kehati-hatian ini harus kita lakukan demi keselamatan warga negara Indonesia dan evacuee lainnya serta demi kelnacaran pelaksanaan misi evakuasi secara keseluruhan," kata dia.

Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi
Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi (Kemenlu)

Retno mengatakan, awalnya, vakuasi terhadap WNI direncanakan menggunakan pesawat sipil.

Namun, kata Retno, evakuasi akhirnya diputuskan menggunakan pesawat militer karena perubahan kondisi di lapangan.

"Di tengah jalan, rencana tersebut harus disesuaikan dengan kondisi lapangan yang berubah. Dan sesuai koordinasi dengan Panglima TNI, maka diputuskan evakuasi menggunakan pesawat militer," ujar Retno.

Selama persiapan, kata dia, koordinasi erat terus dilakukan dengan kementerian/lembaga terkait.

Semua langkah yang ditempuh dilaporkan kepada Presiden Jokowi. 

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved