Breaking News:

Sunway Medical Centre

Terapi Radionuklida Bertarget: Rawatan Tumor Neuroendokrin & Kanker Prostat di Sunway Medical Centre

Pusat Pengobatan Nuklir Sunway Medical Centre yang komprehensif menyediakan perawatan diagnostik dan terapeutik kepada pasien.

Editor: abduh imanulhaq
SUNWAY MEDICAL CENTRE
Pusat Pengobatan Nuklir Sunway Medical Centre yang komprehensif menyediakan perawatan diagnostik dan terapeutik kepada pasien. 

PENGOBATAN NUKLIR adalah spesialisasi medis yang melibatkan penerapan obat-obatan radioaktif dalam mendiagnosis dan mengobati penyakit.

Didukung teknologi pencitraan canggih seperti 4D PET-CT dan SPECT-CT, Pusat Pengobatan Nuklir Sunway Medical Centre yang komprehensif menyediakan perawatan diagnostik dan terapeutik kepada pasien.

Dalam pengobatan nuklir diagnostik (juga dikenal sebagai pencitraan molekuler), tomografi terkomputasi emisi foton tunggal (SPECT-CT) atau tomografi terkomputasi emisi positron (PET-CT) adalah dua modalitas pencitraan campuran yang paling umum.

Pencitraan pengobatan nuklir berbeda dari radiologi karena penekanannya tidak hanya pada anatomi tetapi juga pada fungsi tubuh dan karakteristik tumor.

Dr Tan Teik Hin, Dokter Pengobatan Nuklir di Sunway Cancer Centre, menjelaskan secara singkat perbedaan dan penggunaan fasilitas pencitraan canggih ini.

"Di Sunway Medical Centre, kami menyarankan orang-orang untuk datang melakukan penilaian dan peninjauan yang tepat. PET-CT scan umumnya merupakan alat yang sensitif dalam mendeteksi penyakit seperti kanker. Ini mengevaluasi penyebaran penyakit (stadium) secara akurat, membantu mengevaluasi kekambuhan penyakit dini, dan panduan dalam perencanaan pengobatan radioterapi atau biopsi. Sebagai alat pencitraan biomarker, ini juga membantu ahli onkologi untuk memantau respons pengobatan."

“Ada tiga jenis PET-CT scan tersedia di Sunway Medical Centre - FDG 18 PET-CT scan untuk mendiagnosis berbagai jenis kanker, Gallium 68 DOTATATE PET-CT scan untuk mendiagnosis tumor neuroendokrin, dan Gallium 68 PSMA PET-CT scan untuk mendiagnosis kanker prostat,” tambah Dr Tan.

“Sunway Medical Centre juga diperlengkapi dengan SPECT-CT scan. SPECT-CT scan adalah alat diagnostic berguna lainnya, terutama untuk pencitraan tulang, juga untuk evaluasi metastasis tulang untuk pasien kanker prostat dan payudara.”

Statistik

Studi penelitian tahun 2018 menunjukkan bahwa kanker adalah penyakit mematikan paling umum kedua di dunia dan di Malaysia. Jumlah kasus kanker di Malaysia terus meningkat dari tahun ke tahun (Laporan Terdaftar Pusat Kanker Malaysia 2012-2016)

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved