Breaking News:

Berita Karanganyar

Vaksinasi Ibu Hamil Karanganyar Baru 9 Persen, DKK Minta Tambahan Dosis Vaksin ke Jateng

DKK Karanganyar meminta dosis vaksin untuk ibu hamil ke Dinas Kesehatan Jateng menyusul capaian vaksinasi ibu hamil baru mencapai 9 persen.

Penulis: Agus Iswadi | Editor: Daniel Ari Purnomo
Tribun Jateng/ Agus Iswadi
Kabid Kesmas DKK Karanganyar, Nuk Suwarni. 

TRIBUNJATENG.COM, KARANGANYAR - Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Karanganyar meminta dosis vaksin untuk ibu hamil ke Dinas Kesehatan Jateng menyusul capaian vaksinasi ibu hamil baru mencapai 9 persen.

Berdasarkan data yang dihimpun dari DKK Karanganyar, data ibu hamil dengan usia kehamilan 14 minggu hingga 33 minggu per 31 Agustus 2021 ada 2.523 ibu hamil.

Akan tetapi dari jumlah tersebut baru 9 persen yang sudah menerima dosis vaksin.

Kabid Kesmas DKK Karanganyar, Nuk Suwarni menyampaikan, pemerintah pusat telah merekomendasikan vaksin jenis sinovac selain jenis moderna untuk vaksinasi ibu hamil.

Lantaran vaksin jenis moderna belum banyak digunakan untuk vaksinasi ibu hamil, dinas mengambil kebijakan menggunakan vaksin jenis sinovac untuk sasaran ibu hamil.

"Dari sasaran per Agustus 2021 (akhir) ada sekitar 2.500-an. Tapi baru 9 persen yang telah divaksin," katanya saat dihubungi Tribunjateng.com, Senin (23/8/2021).

Dalam rangka meningkatkan capaian vaksinasi ibu hamil, dinas telah mengirim surat ke Dinas Kesehatan Jateng supaya mendapatkan alokasi dosis vaksin khusus bagi ibu hamil selain untuk sasaran lain.

Apabila nantinya mendapatkan alokasi dosis vaksin khusus ibu hamil, setiap puskesmas akan ditargetkan dapat menyuntikan 50 sasaran.

Nuk sapaan akrabnya menuturkan, adapun pemilihan puskesmas sebagai tempat vaksinasi ibu hamil dalam rangka mendekatkan sasaran vaksin dengan tempat tinggalnya.

"Kita bersurat ke provinsi, dapat alokasi tapi sangat terbatas. Kita akan alokasikan ke 21 puskesmas, masing-masing puskesmas 50 sasaran. Kalau itu bisa dilaksanakan, capaian sasaran ibu hamil dapat meningkat," ucapnya. (Ais).

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved