Berita Internasional

Bendera Afghanistan Diganti Oleh Taliban, yang Lama Jadi Simbol Perlawanan Warga

Kelompok Taliban mengganti simbol negara bendera Afghanistan dengan identitas milisi tersebut. Hal itu dilakukan Taliban setelah menguasai pemerintah

Editor: m nur huda
AP PHOTO/RAHMAT GUL
Anggota Taliban memasang bendera kelompok mereka sebelum konferensi pers juru bicara Zabihullah Mujahid, di Pusat Informasi Media Pemerintah, Kabul, Afghanistan, Selasa (17/8/2021). 

TRIBUNJATENG.COM, KABUL - Kelompok Taliban mengganti simbol negara bendera Afghanistan dengan identitas milisi tersebut.

Hal itu dilakukan Taliban setelah menguasai pemerintahan Afghanistan.

Sejak menduduki ibu kota Afghanistan, Kabul pekan lalu, spanduk putih dengan tulisan khas Taliban dikibarkan di seluruh negeri, menggantikan bendera Afghanistan di gedung pemerintah, kantor polisi, hingga fasilitas militer.

Pejuang Taliban berpose dengan helikopter Blackhawk angkatan udara Afghanistan buatan AS di lapangan terbang Kandahar yang direbut
Pejuang Taliban berpose dengan helikopter Blackhawk angkatan udara Afghanistan buatan AS di lapangan terbang Kandahar yang direbut (Twitter/via dailymail)

Dikutip dari AFP, tersebar kabar orang-orang yang dikecam atau bahkan dihukum karena mengibarkan bendera Afghanistan yang lama.

Namun, sejauh ini belum ada pernyataan resmi dari kelompok Taliban mengenai masalah bendera tersebut.

Baca juga: Ejek Tentara Amerika, Pasukan Elite Taliban Berfoto Tancap Bendera Mirip Ikonik Perang Dunia 2

Baca juga: Tentara Belarus Usir Pengungsi Afghanistan ke Polandia, Terpental di Tiap Perbatasan Negara

Baca juga: Kelompok di Indonesia Ini Disebut Bersuka Cita Atas Kemenangan Taliban di Afghanistan

Di pinggir jalan Kabul pada Minggu (22/8/2021), banyak orang menjual bendera Taliban, spanduk putih bertuliskan proklamasi dan nama rezim pemerintahan mereka, Emirat Islam Afghanistan.

"Tujuan kami adalah untuk menyebarkan bendera Emirat Islam di seluruh Afghanistan, bukan bendera tiga warna," kata pedagang bernama Ahmad Shakib, yang kuliah jurusan ekonomi di universitas.

Tidak diketahui apakah dia berafiliasi dengan Taliban atau tidak.

Pemandangan anggota Taliban di kendaraan-kendaraan juga marak dijumpai di Afghanistan dalam beberapa pekan terakhir, baik di pedesaan maupun kota-kota besar.

Kelompok itu dengan cepat mengganti bendera nasional Afghanistan di mana pun mereka bisa.

Orang-orang mengibarkan bendera Taliban saat mereka melewati kota perbatasan Pakistan, Chaman, pada 14 Juli 2021.
Orang-orang mengibarkan bendera Taliban saat mereka melewati kota perbatasan Pakistan, Chaman, pada 14 Juli 2021. (Asghar Achakzi/AFP)

Meski begitu, di tengah keputusasaan dan ketakutan yang dipicu oleh pemguasaan Taliban, bendera lama Afghanistan kini menjadi semacam simbol perlawanan bagi banyak orang, yang dalam beberapa hari terakhir muncul berupa protes kecil.

Media sosial dibanjiri dengan foto-foto dan emoji bendera lama yang diunggah oleh tokoh masyarakat termasuk bintang olahraga dan banyak warga Afghanistan biasa.

Pada hari kemerdekaan Afghanistan pekan lalu, sekelompok orang mengibarkan bendera nasional di Kabul dan beberapa daerah pinggiran kota untuk merayakannya, terkadang di depan mata patroli Taliban.

Pada salah satu kesempatan, orang-orang dalam konvoi mobil yang membunyikan klakson mengibarkan bendera nasional di Kabul.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved