Breaking News:

Berita Kudus

Kudus Masuk Level 2 PPKM, Bupati Kudus HM Hartopo Minta Warganya Tidak Lengah

Jika pengawasan di masing-masing RT berjalan maksimal, kata Hartopo, maka ketika ada kasus baru akan segera tertangani

Penulis: Rifqi Gozali | Editor: muslimah

TRIBUNJATENG.COM, KUDUS - Bupati Kudus HM Hartopo meminta kepada setiap warag agar tidak lengah di tengah melandainya kasus aktif Covid-19. Selain itu, Kudus kini menduduki level dua dalam Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) setelah sebelumnya di level tiga.

"Masyarakat jangan lengah. Intinya jangan lengah," ujar Bupati Kudus HM Hartopo, Selasa (24/8/2021).

Hartopo menegaskan agar setiap Ketua RT mengontrol wilayahnya masing-masing. Pencegahan penularan Covid-19 bisa dilakukan dari wilayah terkecil. 

"Pak kepala desa koordinator mentelengi wilayah terkecil. RT adalah ketua satgas di RT-nya, bendahara adalah pengepul donasi untuk orang-orang sebagai donasi. Tujuannya untuk apa, kita koordinasi Jogo Tonggo. Supaya masyarakat di situ memang sudah steril kan ada yang tidak mampu. Jadi yang pegang keuangan di desa. Di RT untuk mengumpulkan," katanya.

Jika pengawasan di masing-masing RT berjalan maksimal, kata Hartopo, maka ketika ada kasus baru akan segera tertangani. Pelaporan penambahan kasus baru pun bisa dilakukan secara cepat.

"Di sini ada yang OTG atau tidak. Maksudnya suspek. Gejala covid segera dilaporkan ke desa. Desa akan menindaklanjuti karena desa harus ada pos terpadu di situ ada Babinsa Bhabinkamtib kepala desa mungkin dari bidan desa masuk di sana," ujarnya.

Masing-masing camat juga harus menjadi pengawas dari setiap desa. Jika pelaporan perkembangan kasus Covid-19 berlangsung secara maksimal, kata Hartopo, dari suku dinas terkait bisa segera melakukan tindakan.

"Jadi segera kami tangani. Jadi kalau setiap hari ada update dari RT di Kudus ini yang menerima sekretaris di DKK (Dinas Kesehatan Kabupaten) nanti segera ditindaklanjuti. Ini ada suspek. Ada yang mungkin OTG segera langsung ditindaklanjuti," kata dia.

Dilansir dari laman corona.kuduskab.go.id, kasus aktif Covid-19 di Kudus terdapat 13 kasus. Data itu terakhir diperbarui Senin 23 Agustus 2021. (*)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved