Breaking News:

Tribun Sejarah

TRIBUN SEJARAH : Sicarii Disebut Teroris Pertama dalam Sejarah, Kelompok Yahudi Fanatik Haus Darah

Asal usul teroris yang kini sangat ditakuti dan seringkali didomplengi kepentingan kelompok tertentu untuk mencap musuhnya teroris ternyata sudah ada

intisari
(Iustrasi) Sicarii adalah kelompok fanatik Yahudi yang hidup pada abad ke-1 Masehi. 

TRIBUNJATENG.COM -- Asal usul teroris yang kini sangat ditakuti dan seringkali didomplengi kepentingan kelompok tertentu untuk mencap musuhnya teroris ternyata sudah ada sejak lama.

Konon kelompok yang diberi nama Sicarii ini adalah teroris pertama kali dalam sejarah. Meski diperlukan data otentik untuk membuktikan hal ini.

Kelompok fanatik Yahudi ini hidup pada abad ke-1 Masehi.

Sicarii punya tujuan untuk mengusir orang-orang Romawi dan kolaborator mereka dari Yudea, dan menentang kekuasaan mereka.

Cara yang mereka pakai yakni melalui pembunuhan, terutama di tempat-tempat ramai, untuk menimbulkan ketakutan di hati musuh-musuh mereka.

Sicarii sering dianggap sebagai salah satu kelompok teroris paling awal dalam sejarah manusia.

Awal Pemberontakan

Provinsi Romawi Yudea dibentuk pada tahun 6 M, setelah berakhirnya Tetrarki Herodian.

Bangsa Romawi sudah hadir di daerah tersebut sebelum pembentukan provinsi ini, karena Herodian telah menjadi raja klien Romawi.

Bagi orang Yahudi tertentu, pendudukan Romawi atas tanah mereka dianggap tidak sah, dan mereka berharap untuk melepaskan diri dari kekuasaan Romawi.

Halaman
1234
Sumber: Intisari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved