Breaking News:

BI Antisipasi Potensi Kenaikan Inflasi di Tengah Kondisi Pandemi

Kondisi pandemi covid-19 saat ini dinilai penuh ketidakpastian dan harus disikapi secara cermat.

Editor: Vito
KONTAN/Fransiskus Simbolon
Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo 

TRIBUNJATENG.COM, JAKARTA - Gubernur Bank Indonesia (BI), Perry Warjiyo menyampaikan, perlu langkah antisipatif menjaga tingkat inflasi 2022.

Ia menilai, kondisi pandemi covid-19 saat ini penuh ketidakpastian dan harus disikapi secara cermat.

"Risiko kenaikan inflasi pada tahun 2022 perlu kita antisipasi. Ini menyusul naiknya permintaan domestik dan kenaikan harga komoditas dunia," ujarnya, dalam Rapat Koordinasi Nasional Pengendalian Inflasi 2021, Rabu (25/8).

BI memperkirakan tingkat inflasi nasional pada 2021 dan 2022 akan tetap terjaga di kisaran 3 persen hingga 1 persen. Sementara, posisi inflasi hingga Juli 2021 di seluruh daerah maupun secara nasional masih terkendali.

Perry menjelaskan, capaian ini sejalan terjaganya ekspektasi inflasi dan stabilitas nilai tukar rupiah, belum kuatnya permintaan, serta ketersediaan pasokan.

"Inflasi tahun ini per Juli tercatat terjaga rendah di angka 1,52 persen year on year (yoy)," ujarnya.

BI juga berkomitmen memperkuat peran UMKM pangan dalam struktur perekonomian nasional, sekaligus meningkat kesejahteraan masyarakat.

“Seluruh kebijakan Bank Indonesia kami arahkan untuk pertumbuhan pro growth,” imbuhnya.

BI juga mengapresiasi Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto selaku Ketua Tim Pengendalian Inflasi Pusat, para menteri, gubernur dan bupati/wali kota atas sinergi yang erat dalam mewujudkan stabilitas harga.

"Sinergitas ini mendukung upaya pemulihan ekonomi Indonesia dan menjaga kesejahteraan rakyat," jelas Perry.

Menurut dia, penguatan peran UMKM pangan dalam ekosistem ekonomi secara terintegrasi menjadi penting. Ia berharap UMKM pangan dapat terus beradaptasi dengan teknologi digital.

"Dari hulu hingga hilir, termasuk akses pasar yang lebih luas bagi UMKM pangan. Kami di Bank Desa berkomitmen penuh untuk bersinergi dengan pemerintah," tukasnya. (Tribun Network)

Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved