Breaking News:

Berita Kajen

Fadia Ingin Semangat HUT ke-399 Kabupaten Pekalongan Jadi Momentum Evaluasi dan Perbaiki Diri

Kabupaten Pekalongan menginjak usia ke-399 pada hari ini, Rabu (25/8). Pemkab Pekalongan pun menjadikan momentum itu untuk mengevaluasi dan memperbaik

Penulis: Indra Dwi Purnomo | Editor: Catur waskito Edy
TribunJateng.com/Indra Dwi Purnomo
Bupati Pekalongan Fadia Arafiq 

TRIBUNJATENG.COM, KAJEN -- Kabupaten Pekalongan menginjak usia ke-399 pada hari ini, Rabu (25/8). Pemkab Pekalongan pun menjadikan momentum itu untuk mengevaluasi dan memperbaiki diri.

Hal itu diungkapkan Bupati Pekalongan, Fadia Arafiq. Menurut dia, resolusi momentum itu termuat dalam logo dan tema Hari Jadi ke-399 Kabupaten Pekalongan.

"Kami mengusung tema 'Kita Kukuh, Kita Teguh, Kita Tangguh, Corona Lumpuh'. Tema ini mengandung makna harapan, agar masyarakat Kabupaten Pekalongan optimistis dan memiliki semangat kebersamaan dalam melawan covid-19," katanya, kepada Tribun Jateng, Selasa (24/8).

Pada hari jadi kali ini, Pemkab Pekalongan mengusung logo berupa burung garuda terbang dengan membawa untaian padi dan canting batik serta pita batik. Di bawahnya tertulis 'Kita Kukuh, Kita Teguh, Kita Tangguh, Corona Lumpuh'. Tema ditulis dengan huruf tegas. Fadia menuturkan, logo itu memiliki makna filosofi tersendiri.

Menurut dia, makna filosofis dari logo burung garuda terbang berwarna merah melambangkan kekuatan dan ketangguhan, dengan kepakan sayap melambangkan kebebasan atau kemerdekaan, dengan harapan Kabupaten Pekalongan segera terbebas dari pandemi covid-19.

Padi berwarna kuning berdaun hijau melambangkan kemakmuran dan kesejahteraan. Padi dan canting batik juga melambangkan profesi/pekerjaan kebanyakan masyarakat Kabupaten Pekalongan sebagai petani dan pengrajin batik. "Selanjutnya, warna cokelat melambangkan kekompakan, kain batik melingkar melambangkan kebudayan Jawa. Warna Emas melambangkan kemakmuran dan kesejahteraan," jelasnya.

Fadia menuturkan, tema 'Kita Kukuh, Kita Teguh, Kita Tangguh, Corona Lumpuh' juga selaras dengan tema Nasional HUT ke-76 RI tahun ini, yaitu Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh.

Selain sebagai sebagai momentum untuk mengevaluasi dan memperbaiki diri, ia mengungkapkan, peringatan hari jadi tahun ini sekaligus menjadi momentum memantapkan kebersamaan dalam menyelenggarakan pemerintahan, pelayanan masyarakat, dan pembangunan di Kabupaten Pekalongan.

"Dengan kebersamaan, kerja keras, kekompakan, dan partisipasi seluruh komponen masyarakat, InsyaAlllah berbagai hambatan dan kendala yang terjadi dalam proses membangun Kabupaten Pekalongan dapat kita atasi bersama," ungkapnya.

Pembangunan

Halaman
123
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved