Breaking News:

Universitas Ivet Semarang

Prodi Bisnis Digital Universitas Ivet Semarang Gelar Webinar Kewirausahaan

Program Studi Bisnis Digital Universitas Ivet (Unisvet) menggelar kegiatan webinar kewirausahaan secara daring melalui media zoom.

Editor: abduh imanulhaq
UNIVERSITAS IVET
Antusias peserta Webinar kewirausahaan Program Studi Bisnis Digital Universitas Ivet secara daring melalui Zoom 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Program Studi Bisnis Digital Universitas Ivet (Unisvet) menggelar kegiatan webinar kewirausahaan secara daring melalui media zoom, Senin (16/8/2021).

Webinar yang mengundang narasumber dari dosen Prodi Bisnis Digital Universitas Ivet Didin Herlinudin M Kom mengusung tema mencetak wirausaha muda inovatif dari modal yang terbatas.

Dalam sambutannya, Ketua Prodi Bisnis Digital, Lingga Kurnia Ramadhani M Kom menyampaikan bahwa webinar sebagai upaya memberikan pengetahuan tentang kewirausahaan bagi generasi muda, khususnya mahasiswa.

"Dengan dihadirkan narasumber yang membahas kewirausahaan diharapkan agar ke depan mahasiswa dapat mandiri dengan berwirausaha,"ujarnya.

Lingga menambahkan bahwa webinar ini dihadiri peserta tidak hanya dari lingkungan mahasiswa Universitas Ivet melainkan juga dari masyarakat umum.

"Diselenggarakan kegiatan ini dengan tujuan supaya mahasiswa mendapatkan pengetahuan yang lebih luas dari berbagai narasumber. Sehingga tentu mahasiswa akan lebih siap dalam menghadapi tantangan dunia kerja mendatang," imbuhnya.

Didin Herlinudin M Kom narasumber sekaligus Dosen Prodi Bisnis Digital tersebut menjelaskan wirausaha adalah seseorang yang mempunyai kemampuan melihat dan menilai peluang, mengatur sumber daya yang dibutuhkan, dan mengambil tindakan yang tepat guna memastikan kesuksesan secara berkelanjutan.

"Beberapa ciri yang melekat pada diri seorang wirausaha, yaitu percaya diri, berorientasi pada tugas dan hasil, keberanian mengambil risiko, kepemimpinan, berorientasi masa depan, kreatif, inovatif, memiliki tenaga dalam yang artinya seorang wirausaha harus memiliki keuletan, ketabahan, ketekunan, kejujuran, kedisiplinan, ketulusan, keikhlasan, kesopanan, dan keramaian," ujarnya.

Menurut Dosen Prodi Bisnis Digital, peran wirausaha sangat penting bagi perekonomian sebuah bangsa.

"Ada beberapa cara dalam menumbuhkan jiwa berwirausaha, yaitu memiliki komitmen pribadi, memiliki motivasi tinggi dan peran lingkungan dan pergaulan. Lingkungan dan pergaulan sangat berpengaruh terhadap berkembangnya pola pikir wirausaha Untuk menjadi wirausaha sukses, kita harus selalu berusaha mencari cara baru dalam menghadapi peluang dan dapat memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan," jelasnya.

Didin juga menambahkan ada banyak persepsi yang menjadi hambatan untuk memulai menjadi wirausaha.

"Pertama merasa sudah terlalu tua atau terlalu muda. Sebenarnya umur bukan menjadi halangan seseorang untuk menjadi sukses karena banyak wirausaha yang sukses baik pada usia muda maupun yang sudah berumur., Kedua, tidak berbakat. Jiwa wirausaha dapat diciptakan, bukan bawaan dari lahir. Kewirausahaan dapat dipelajari. Semua orang berpotensi menjadi wirausaha sukses., Ketiga, tidak punya modal. Pada jaman serba modern ini banyak peluang yang dapat dimanfaatkan tanpa modal, seperti menjadi dropshiper, reseller, dan blogger," imbuhnya. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved