Breaking News:

Unsoed Purwokerto

Tim Dosen FMIPA Unsoed Purwokerto Kembangkan Pikohidro PLTA Skala Kecil

Tim pengabdian kepada masyarakat berbasis riset UNSOED Purwokerto tergerak untuk mengembangkan pembangkit listrik tenaga air skala kecil.

Editor: abduh imanulhaq
UNSOED
Tim dari Fakultas MIPA Unsoed melakukan uji coba pembangkit listrik tenaga air Pikohidro 

TRIBUNJATENG.COM, PURWOKERTO - Potensi aliran air di Desa Babakan Kecamatan Karanglewas Kabupaten Banyumas melimpah.

Tim pengabdian kepada masyarakat berbasis riset Universitas Jenderal Soedirman (UNSOED) Purwokerto pun tergerak mengembangkan pembangkit listrik tenaga air skala kecil yang disebut pikohidro.

Tim dari Fakultas MIPA Unsoed yang terdiri dari Jamrud Aminuddin, Ph.D, Drs. Sunardi, M.Si, dan Akmal Ferdiyan,M.Sc melakukan riset untuk menghasilkan listrik dari aliran air yang kecil.

Tim juga melakukan penghitungan dan modifikasi yang tepat agar kincir air di Desa Babakan Kecamatan Karanglewas menghasilkan energi listrik yang dapat dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat.

Uji coba pembangkit listrik tenaga air ini dilakukan pada Selasa (24/8/2021).

Ketua Tim, Jamrud Aminuddin, Ph.D. mengatakan penamaan PLTA dalam kegiatan ini berdasarkan output daya listrik yang dihasilkan.

“Kegiatan ini merupakan implementasi Pengabdian Masyarakat Berbasis Riset sebagai salah satu program kompetitif Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Unsoed,” ungkapnya.

Pembangkit ini diberi nama pikohidro karena listrik yang dihasilkan sebesar 5.000 watt.

Drs. Sunardi, M.Si, menambahkan latar belakang kegiatan ini berdasarkan observasi awal di lokasi tersebut.

“Aliran listrik dari sistem pembangkit akan dimanfaatkan untuk menggerakkan conveyor belt (saluran pengangkut batu pada mesin penggiling) dan alat pemutar untuk penghalusan hasil penggilingan dalam bentuk serbuk. Pembangkit listrik skala kecil tersebut juga dimanfaatkan untuk penerangan jalan dan pemakaman,” urainya.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved