Breaking News:

Berita Karanganyar

 Desa Wisata Sumberbulu Karanganyar Masuk 50 Besar Desa Wisata se-Indonesia

Mengingat konsep desa wisata Sumberbulu ialah memberdayakan masyarakat sekitar baik itu dari kalangan karang taruna, petani dan pelaku UMKM

Penulis: Agus Iswadi | Editor: muslimah
pengelola Desa Wisata Sumberbulu.
Anak-anak bermain di lahan pertanian yang berada di kawasan Desa Wisata Sumberbulu Desa Pendem Kecamatan Mojogedang Kabupaten Karanganyar. 

TRIBUNJATENG.COM, KARANGANYAR - Desa Wisata Sumberbulu yang terletak di Desa Pendem Kecamatan Mojogedang Kabupaten Karanganyar masuk dalam 50 besar ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021 yang digelar Kemenparekraf RI.

Manager Desa Wisata Sumberbulu, Titin Riyadiningsih menyampaikan, pendaftaran ajang ADWI secara online telah dilakukan pada Juni 2021 hingga 16 Juli 2021. Dia tidak menyangka desa wisata yang telah dirintis sejak 2017 lalu tersebut dapat masuk dalam 50 besar ajang ADWI tahun ini. 

"Kita sudah masuk 50 besar. Selanjutnya kita menunggu visitasi dari kementerian dan dewan juri," katanya saat dihubungi Tribunjateng.com, Kamis (26/8/2021).  

Menurutnya melalui ajang ADWI ini dapat menjadi momentum bagi sektor pariwisata untuk bisa tetap eksis di tengah situasi pandemi Covid-19. Lanjutnya, dengan capaian Desa Wisata Sumberbulu masuk 50 besar desa wisata dapat meningkatkan semangat masyarakat sekitar. 

Mengingat konsep desa wisata Sumberbulu ialah memberdayakan masyarakat sekitar baik itu dari kalangan karang taruna, petani dan pelaku UMKM. 

"Alhamdulillah kita bisa mencapai titik ini," ucapnya.

Dia menjelaskan, ada empat paket wisata yang ditawarkan kepada para wisatawan seperti Sumberbulu experience yang mana di dalamnya ada wisata edukasi baik itu pertanian organik, biogas, kerajinan, cooking class dan pembuatan jamu tradisional. 

Kemudian ada paket Sumberbulu adventure etnic yang berisi kesenian seperti lesung, reog dan tari. Serta ada paket Sumberbulu adventure journey dan outbound serta training. 

"Kalau di tempat kita tidak ada objek wisata. Objek kita adalah masyarakat. Kearifan lokal, kegotong-royongan, keramahtamahan masyarakat dan ilmu pengetahuan yang ditawarkan ke khalayak luar," jelasnya.  

Di Desa Wisata Sumberbulu ada 48 homestay dan area camping ground yang cukup luas yakni 1,5 hektare. Bahkan di wilayah tersebut juga ada beberapa sumber mata air seperti sendang pancuran dan sendang bulu. 

Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Karanganyar, Titis Sri Jawoto menyampaikan, saat ini tengah berlangsung ajang pemilihan Duta Wisata 2021.

Ada 20 peserta terdiri dari 10 laki-laki dan 10 perempuan yang mengikuti ajang tersebut. 

"Final nanti tanggal 4 September 2021. Rencananya (digelar) di objek wisata Sumberbulu. Sebagai hadian Sumberbulu yang masuk 50 besar desa wisata terbaik se-Indonesia," ungkapnya. (Ais).

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved