Breaking News:

Berita Solo

Dibangun Era Jokowi, Kini Rusunawa Semanggi Solo Akan Robohkan Wali Kota Gibran

Pemerintah Kota Solo akan merobohkan gedung Rumah Susun Sewa (Rusunawa) Semanggi di Kelurahan Mojo, Kecamatan Pasar Kliwon, Solo, Jawa Tengah.

Editor: m nur huda
tribunjateng/suharno
Rusunawa Semanggi di Kota Solo 

TRIBUNJATENG.COM, SOLO - Pemerintah Kota Solo akan merobohkan gedung Rumah Susun Sewa (Rusunawa) Semanggi di Kelurahan Mojo, Kecamatan Pasar Kliwon, Solo, Jawa Tengah.

Rusunawa Semanggi yang dibangun tahun 2009 saat Wali Kota Solo dijabat Joko Widodo atau Jokowi, kini ditempati sekitar 200 kepala keluarga.

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menyatakan, Rusunawa Semanggi akan dirubuhkan untuk kembali dibangun karena kondisinya sudah dianggap tidak layak huni.

Baca juga: Muncul Mural #RIP Pemerintah di Solo, Gibran Tantang yang Membuat untuk Menemuinya

Baca juga: Alasan Gibran Walikota Solo Parkirkan Mobil Dinasnya di SMK Batik 2 Surakarta

"Itu (usia) rusunnya sudah 10 tahun sudah tidak layak. Konstruksinya sudah nggak kuat," kata Gibran di Solo, Jawa Tengah, Rabu (25/8/2021).

Gibran meminta penghuni Rusunawa Semanggi tidak khawatir. Karena mereka dapat menempatinya kembali setelah rusun selesai dibangun. "Warga tenang saja. Penghuni lama nanti 100 persen bisa balik," kata Gibran.

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka
Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka (TRIBUN JATENG/MUHAMMAD SHOLEKAN)

Gibran juga mengatakan akan menyiapkan opsi terkait tempat tinggal sementara warga penghuni selama rusunawa selama pembangunan.

"Tidak ada yang kita usir. Tempatnya kita perbaharui, kita perbaiki biar lebih layak," terang putra sulung Presiden Jokowi ini.

Terpisah, Kepala Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan Kota (Disperum KPP) Solo Taufan Basuki menerangkan terus mematangkan rencana perobohan dan pembangunan ulang Rusunawa Semanggi.

"Ini masih dalam rencana pembahasan lebih mendalam," kata dia.

Taufan mengatakan sudah melakukan kajian terkait rencana perobohan dan pembangunan ulang Rusunawa Semanggi yang dibangun sekitar 2009.

"Dasar untuk mengosongkan dan rencana membangun ulang adalah adanya kajian teknis tentang kondisi bangunan rusun Semanggi dan mempertimbangkan rekomendasi dari kajian teknis tersebut," kata dia.

Pembangunan ulang Rusunawa Semanggi akan dilakukan dengan menggunakan anggaran bersumber APBN.

Berapa anggaran yang disiapkan untuk pembangunan, Pemerintah Kota Solo sedang menyusun proposal untuk diusulkan ke pemerintah pusat.

"Nanti yang menentukan anggaran dari pusat. Kami sebatas membuat proposal permohonan," ungkap dia.(*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Dibangun Saat Jokowi Pimpin Solo, Rusunawa Semanggi Bakal Dirobohkan Gibran

Sumber: Tribun Solo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved