Breaking News:

Universitas Nasional Karangturi

Pendekatan Multimodalitas dalam Pembelajaran Bahasa Inggris di Era Pandemi

Badai pandemi Covid-19 telah menghantam berbagai sektor kehidupan bangsa selama dua tahun ini.

Editor: abduh imanulhaq
IST
Allvian Ika Fiki Susanto SPd MPd, Dosen Pendidikan Bahasa Inggris Unkartur Semarang 

Oleh: Allvian Ika Fiki Susanto SPd MPd, Dosen Pendidikan Bahasa Inggris Unkartur Semarang

Badai pandemi Covid-19 telah menghantam berbagai sektor kehidupan bangsa selama dua tahun ini. Salah satu bidang yang terhantam dengan keras selain bidang kesehatan adalah bidang pendidikan. Pembelajaran bahasa Inggris yang juga termasuk dalam sektor pendidikan juga tak luput dari dampak yang dihasilkan oleh pandemi.

Kondisi tersebut telah mendorong terjadinya perubahan adaptif yang membentuk pola baru dalam pembelajaran bahasa Inggris. Pembelajaran mata pelajaran tersebut telah berubah dengan begitu dramatis dimana pembelajaran bahasa yng biasanya dilaksanakan dengan luring (tatap muka) kini harus berubah drastis menjadi daring (online).

Perubahan tersebut memacu pemangku kepentingan dalam pembelajaran bahasa Inggris dalam konteks ini para guru bahasa Inggris untuk berfikir kreatif dan inovatif dalam mempersiapkan pembelajaran yang dilaksanakan secara daring. Salah satu hal yang muncul dalam benak para guru dalam rangka penyesuaian perubahan pola pembelajaran yang berlangsung selama pandemi adalah menentukan pendekatan apa yang secara efektif dapat diaplikasikan dalam kelas-kelas daring mata pelajaran bahasa Inggris. Pendekatan pembelajaran yang akomodatif dengan pola pembelajaran secara daring dimana melalui pendekatan tersebut siswa-siswa akan mendapat materi-materi pembelajaran seperti apa yang dapat menunjang proses pembelajaran bahasa Inggris.

Salah satu pendekatan yang muncul dalam pembelajaran bahasa Inggris selama pandemi ini adalah pendekatan berbasis multimodalitas. Kress & Van Leeuwen (1996) menyatakan bahwa multimodalitas mengacu pada cara komunikasi di mana seseorang menggunakan beragam mode pada saat yang bersamaan dalam berkomunikasi.

Mode-mode tersebut dikombinasikan untuk melengkapi dan memperkuat makna tertentu. Mode dalam konteks ini dapat diartikan sebagai alat dan cara yang tersedia dan berterima dalam sebuah budaya, yang dapat digunakan untuk menyampaikan pesan yang ingin disampaikan.

Dalam berkomunikasi, seseorang menggunakan mode bahasa verbal dan non-verbal (gerak-gerik, bunyi, musik, ruang, spasi dan sumber-sumber semiotika lainya) untuk menekankan makna tertentu kepada orang lain. Dalam aplikasinya dalam pembelajaran bahasa Inggris daring, pendekatan ini tentu saja sangatlah tepat. Berbagai materi telah tersedia secara online (cloud-based materials) mulai dari video percakapan, berita, dongeng dsb yang dapat digunakan untuk pembelajaran listening dan speaking.

Berbagai materi audio-book pun juga tersedia melimpah di “angkasa” yang dapat juga digunakan untuk mendukung pembelajaran reading sekaligus listening. Materi-materi tersebut kebanyakan telah memuat perpaduan berbagai mode dalam penyajianya sehingga penyampaian makna dalam materi tersebut akan ditangkap secara baik oleh siswa.

Program studi (prodi) Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) Universitas Nasional Karangturi sebagai prodi yang menaruh perhatian dalam bidang pembelajaran bahasa Inggris juga telah sigap dengan mengambil langkah-langkah dengan memasukan multimodalitas dalam pembelajaran bahasa Inggris sebagai salah satu keahlian yang diberikan kepada mahasiswa-mahasiswa. Hal tersebut ditujukan bahwa segenap sivitas akademika di prodi ini sangat dinamis dan adaptif terhadap perubahan dan kebutuhan masyarakat terkini sehingga patutlah juga bagi para pelajar yang tertarik melanjutkan studinya di bidang pembelajaran bahasa Inggris dapat menjadikan prodi PBI Universitas Nasional Karangturi sebagai tempat tujuan studinya. (*)

Informasi lebih lanjut : Jl. Raden Patah No. 182-192, Semarang. Telp. 024-3545882/08112710322 atau IG @universitasnasionalkarangturi

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved