Breaking News:

Universitas Nasional Karangturi

Strategi Investasi Saham di Era Pandemi

Kondisi pandemi Covid-19 hingga kini belum mereda, bahkan lonjakan kasus belakangan ini mendorong pemerintah menerapkan PPKM Darurat.

Editor: abduh imanulhaq
IST
Bonaventura Hendrawan Maranata SE MM, Dosen Program Studi Manajemen Unkartur Semarang 

Oleh : Bonaventura Hendrawan Maranata SE MM, Dosen Program Studi Manajemen Unkartur Semarang

Kondisi pandemi Covid-19 hingga kini belum mereda. Bahkan lonjakan kasus belakangan ini mendorong pemerintah menerapkan PPKM Darurat dengan menutup segala kegiatan non essential. Banyak masyarakat saat ini mulai menyukai investasi di bidang pasar modal. Mereka beranggapan investasi memiliki peran yang sangat penting dalam perekonomian baik di dalam negeri maupun di luar negeri.

Untuk investor yang ingin berinvestasi, beberapa pakar investasi di Indonesia menyarankan memilih saham yang memiliki fundamental baik dan didukung oleh potensi kinerja yang baik di masa depan. Jika ingin berinvestasi yang lebih aman bisa memilih perusahaan yang mempunyai fundamental dan teknikal yang baik tapi juga didukung potensi dan kinerja ke depannya, dengan ekspetasi tetap bertumbuh.

Seorang investor harus mempunyai pemahaman yang mendasar mengenai analisis fundamental dan analisis teknikal.  Hal ini sangat penting untuk pertimbangan seorang investor dalam memilih saham- saham yang memiliki kondisi yang baik.

Analisis fundamental saham yakni analisis yang mempelajari hal-hal yang berhubungan dengan kondisi keuangan suatu perusahaan. Tujuan dari analisis fundamental yakni untuk mengetahui sifat-sifat dasar dan karakteristik operasional dari perusahaan publik.

Dengan melakukan analisis fundamental saham, maka diharapkan investor bisa memiliki petunjuk mengenai saham mana yang akan diinvestasikan. Sementara analisis teknikal adalah analisis yang menggunakan data harga dan volume perdagangan di masa lalu. Analisis teknikal bertujuan untuk memprediksi harga yang akan terjadi. Dengan demikian, investor akan mengetahui waktu untuk bertransaksi (jual-beli) dengan target harga tertentu.

Untuk seorang investor, tentunya selain memperhatikan poin-poin penting di atas, strategi juga menjadi salah satu hal penting. Terdapat 3 strategi dalam membeli saham yaitu:

1. Buy On Weakness merupakan suatu cara untuk membeli harga saham ketika sudah turun ke level tertentu yang aman untuk dibeli

2. Buy If/On Breakout merupakan suatu cara membeli harga saham ketika berhasil menembus level tertentu atau naik menembus resistance (level tertingginya)

3.  Buy on Retracement merupakan suatu cara membeli saham setelah terjadi breakout atau harga bawah. Saham yang berhasil breakout pada umumnya akan langsung mengalami kenaikan yang kencang

Sekarang, kita juga harus tahu kapan waktu yang tepat untuk menjual saham yang kita miliki. Waktu yang tepat dalam menentukan saat untuk menjual saham adalah tentunya ketika harga sedang naik atau disebut juga profit taking, Tapi, bagaimana kalau harga turun? Nah, waktu yang tepat untuk menjual saham yaitu salah satunya adalah dengan menetapkan cut loss.

Cara yang dapat dijadikan patokan dalam menentukan titik cut loss sebuah saham, berdasarkan harga beli dan berdasarkan titik support. Titik support sendiri merupakan tingkat atau area harga yang diyakini sebagai titik terendah. Titik ini dapat membantu untuk investor supaya tidak semakin merugi.

Para investor untuk tetap melakukan diversifikasi instrumen sebagai langkah penting. Seorang investor harus bisa membaca isu pasar yang sedang terjadi saat ini untuk memantau perusahaan yang ingin dibeli, dengan cara memperhatikan strategi analisis fundamental dan analisis teknikal. Saat ini sudah ada banyak pilihan yang bisa dijadikan alternatif tak hanya sekadar pasar modal layaknya saham, obligasi, atau reksa dana. (*)

Informasi lebih lanjut : Jl. Raden Patah No. 182-192, Semarang. Telp. 024-3545882/08112710322 atau IG @universitasnasionalkarangturi

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved