Breaking News:

Berita Karanganyar

Karanganyar Masih Berkategori Level 4, SMA dan SMK Belum Bisa Gelar PTM

Masih dalam zona level 4 penyebaran Covid-19, sekolah SMA dan SMK di Kabupaten Karanganyar belum bisa menggelar pembelajaran tatap muka.

Penulis: Agus Iswadi | Editor: moh anhar
TRIBUN JATENG/AGUS ISWADI
Nampak depan gedung SMKN 1 Karanganyar. 

TRIBUNJATENG.COM, KARANGANYAR - Sekolah SMA dan SMK di Kabupaten Karanganyar belum bisa menggelar pembelajaran tatap muka (PTM) lantaran masih dalam zona level 4 penyebaran Covid-19. 

Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah VI Jateng, Sunarno menyampaikan, sekolah SMA dan SMK yang berada di wilayah zona level 2 atau level 3 penyebaran Covid-19 diizinkan menggelar simulasi atau PTM sesuai surat edaran dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jateng.

Akan tetapi untuk wilayah aglomerasi level 4 penyebaran Covid-19 belum diizinkan menggelar simulasi atau PTM seperti wilayah Solo Raya. 

Baca juga: Masih PPKM Level 3 Wisata di Kabupaten Tegal Belum Bisa Beroperasi, Sopan: Cuma Dapat Harapan Palsu

Baca juga: Keren, Juru Kunci Makam di Tegal Ini Manfaatkan Pemakaman Jadi Tempat Budidaya Lebah Klanceng

Baca juga: Gerbang Tol Pekalongan Resmi Beroperasi

"PTM yang diizinkan di daerah level 2 atau level 3. Sedangkan level 4 masih menggunakan pembelajaran jarak jauh (PJJ). Misal level 3 saja karena aglomerasi ada daerah level 4 tetap tidak bisa," katanya saat dihubungi Tribunjateng.com, Jumat (27/8/2021). 

Kendati demikian, pihak sekolah diharapkan juga tetap mempersiapkan diri apabila sewaktu-waktu zona level penyebaran Covid-19 menurun menjadi level 2 atau level 3.

Apabila telah diizinkan menggelar simulasi atau PTM sesuai persyaratan yang ditentukan, seperti sekolah berada di zona level 2 atau level 3 penyebaran Covid-19, lanjutnya, pihak sekolah dapat mengusulkan untuk melakukan simulasi atau PTM. 

"Ada dua definisi PTM, yakni PTM terbatas bagi sekolah yang sebelumnya telah menggelar simulasi. Kalau sekolah yang belum melaksanakan simulasi PTM, ya simulasi," ucapnya. 

Tim Cabang Dinas Pendidikan Wilayah VI Jateng serta Satgas Covid-19 kabupaten/kota setempat akan meninjau serta monitoring kesiapan sekolah yang telah mengusulkan uji coba atau PTM sesuai dengan syarat yang ditentukan yakni termasuk dalam daerah level 2 atau level 3 penyebaran Covid-19. 

Baca juga: Bantu Warga Terdampak Covid-19, SMK di Salatiga Beri Layanan Servis Gratis

Baca juga: Cristiano Ronaldo Disebut Sudah Pamit ke Rekan Setim hingga Mengosongkan Loker di Juventus

Baca juga: Tarik Minat Investor, Kementerian Investasi/ BKPM dan Kadin Jalin Kerjasama Pendampingan Perizinan

"Setelah sekolah mengusulkan tetap dimonitoring," terang Sunarno. 

Seperti diberitakan sebelumnya, ada dua sekolah di Kabupaten Karanganyar yang telah menggelar uji coba PTM pada awal April 2021 lalu. Dua sekolahan tersebut ialah SMK N 1 Karanganyar dan SMA N 1 Karanganyar. (*) 

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved