Breaking News:

Berita Sragen

Panen Raya, Harga Cabai di Sragen Anjlok

Adanya panen raya cabai di sejumlah daerah terlebih Sragen membuat harga cabai anjlok.

Penulis: Mahfira Putri Maulani | Editor: sujarwo
tribunjateng/dok
ILUSTRASI cabai di pasar di Jawa Tengah 

TRIBUNJATENG.COM, SRAGEN – Adanya panen raya cabai di sejumlah daerah terlebih Kabupaten Sragen membuat harga cabai di tiga pasar induk tradisional di Sragen anjlok.

Cabai dengan kualitas terbaik atau cabai rawit merah seharga Rp 13 ribu per kilogram. Harga tersebut turun dari harga Rp 15 ribu di Pasar Bunder, sedangkan di Pasar Gemolong dan Pasar Gondang masih diangka Rp 15 ribu.

Kepala Bidang Pembinaan dan Pengembangan Dinas Perindustrian dan perdagangan (Disperindag) Sragen, Muhammad Farid Wajdi membenarkan anjloknya harga cabai tersebut.

Farid sapaan akrabnya itu melanjutkan, anjloknya harga cabai ini dikarenakan barang yang banyak namun pembeli cabai sedikit. Selain itu pengunjung pasar juga cenderung berkurang.

"Harga cabai memang anjlok. Dikarenakan barang banyak dan pembelinya sedikit. Serta pengunjung pasar agak menurun," kata Farid kepada Tribunjateng.com, Jumat (27/8/2021).

Untuk kebutuhan cabai rawit di Sragen, Farid mengatakan sebagian memang berasal dari petani lokal Sragen, namun sebagiannya lagi diambil dari daerah Jawa Timur.

"Kalau kebutuhan cabai di Sragen sebagian lokal sebagian dari daerah Jawa Timur," lanjut Farid.

Meski baru ada penurunan, harga cabai hari ini turun drastis dibandingkan dengan awal Agustus lalu, harga cabai rawit masih diangka Rp 33 ribu.

Penurunan ini nampaknya merata di jenis cabai lain, yakni cabai rawit hijau Rp 9 ribu di Pasar Bunder sedangkan di Pasar Gemolong Rp 12 ribu dan Rp 10 ribu per kilogram di Pasar Gondang.

Cabai merah besar biasa hanya Rp 6 ribu di Pasar Bunder dan Pasar Gondang sedangkan di Pasar Gemolong Rp 10 ribu per kilogram.

Harga cabai merah besar keriting Rp 9 ribu di Pasar Bunder,  Rp 12 ribu di Pasar Gemolong dan Rp 10 ribu di Pasar Gondang.

Sementara itu, harga bahan pokok dan bahan penting (Bapokting) lainnya masih terhitung stabil.

Harga beras premium masih di harga Rp 12 ribu, gula pasir Rp 12 ribu. Daging ayam ras Rp 32 ribu dan ayam kampung Rp 65 ribu. Telur ayam negeri Rp 20 ribu dan telur ayam kampung Rp 42 ribu per kilogramnya. (*)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved