Breaking News:

Berita Pati

Kiai Yusuf Hasyim Titipkan Tiga Amanah pada Kader-kader IPNU-IPPNU Pati

Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Pati, Kiai Yusuf Hasyim, menitipkan tiga amanah kepada seluruh kader Ikatan Pelajar Nahdlatul U

Penulis: Mazka Hauzan Naufal | Editor: m nur huda
Tribun Jateng/Mazka Hauzan Naufal
Konferensi Cabang XIII Pengurus Cabang (PC) IPNU-IPPNU Pati di Pendopo Kabupaten Pati, Sabtu (28/8/2021). 

TRIBUNJATENG.COM, PATI - Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Pati, Kiai Yusuf Hasyim, menitipkan tiga amanah kepada seluruh kader Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU)

Tiga amanah tersebut ia sampaikan dalam forum Konferensi Cabang XIII Pengurus Cabang (PC) IPNU-IPPNU di Pendopo Kabupaten Pati, Sabtu (28/8/2021).

Amanah pertama, Kiai Yusuf berharap para kader IPNU-IPPNU Kabupaten Pati dapat melanjutkan amanatunnahdliyyah (amanah dari NU). 

Sebab, IPNU-IPPNU merupakan badan otonom (Banom) dari NU. 

"Sehingga rumah besar NU tidak boleh ditinggalkan. Apa yang diwariskan ulama-ulama kita ini harus selalu kita jaga," ungkap dia.

Amanah kedua adalah amanatuttarbiyah (amanah pendidikan). 

Menurut Kiai Yusuf Hasyim, IPNU-IPPNU tidak mungkin bisa lepas dari identitasnya sebagai pelajar dan santri NU.

"Oleh karenanya, tugas ini adalah bagaimana menyiapkan kader-kader bangsa yang berkualitas, yang nantinya akan berkontribusi terhadap negara dan bangsa Indonesia ini," ujar dia.

Amanah ketiga adalah Amanatul wathaniyyah sekaligus Amanatul ummah. 

Ia mengatakan, ini merupakan tugas bersama kader NU. Karena NU sejak lahir adalah organisasi diniyyah al-islamiyyah al-ijtimaiyyah yang menyatakan bulat untuk menjaga negara kesatuan republik Indonesia. 

Lebih lanjut, ia berpesan, amanah wathoniyyah ini tidak boleh dilupakan oleh NU sampai ke tingkat IPNU-IPPNU. 

Amanah wathaniyyah inilah yang bisa menjadikan ulama dan banom-banomnya dapat berkiprah lebih banyak dalam nasionalisme kebangsaan di Indonesia.

"Saat ini kita sudah mampu dijadikan sebagai daya tarik bagi dunia internasional. Karena NU mengusung era baru negara bangsa nasionalisme yang mampu dikembangkan dengan penuh kedamaian di seluruh dunia," kata dia.

Ia berharap, ketiga amanah tersebut akan terus dilanjutkan oleh generasi muda Nahdlatul Ulama', khususnya IPNU-IPPNU. (mzk)

--

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved