Breaking News:

Berita Kendal

Dirjen Cipta Karya Minta Pemkab Kendal Benahi Kebersihan Pasar Pagi Kaliwungu

Diana Kusumastuti meminta agar Pemerintah Kabupaten Kendal membenahi prosedur kebersihan Pasar Pagi Kaliwungu.

Penulis: Saiful Ma'sum | Editor: Daniel Ari Purnomo
Tribun Jateng/ Saiful Masum
Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR, Diana Kusumastuti didampingi Bupati Kendal Dico M Ganinduto meninjau Pasar Pagi Kaliwungu, Sabtu (28/8/2021) petang. 

TRIBUNNATENG.COM, KENDAL - Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR) Republik Indonesia, Diana Kusumastuti meminta agar Pemerintah Kabupaten Kendal membenahi prosedur kebersihan Pasar Pagi Kaliwungu.

Permintaan Diana dilontarkan usai mengunjungi gedung pasar baru di Kecamatan Kaliwungu itu, Sabtu (28/8/2021) kemarin petang.

Diana bersama rombongan didampingi Bupati Kendal Dico M Ganinduto melihat beberapa titik lantai yang kotor sehingga memunculkan kesan kumuh.

Padahal, skema bangunan dan operasional Pasar Pagi Kaliwungu dijadikan sebagai pasar percontohan di tingkat Jawa Tengah hingga nasional. 

Ia berharap, pemerintah setempat melakukan pembenahan agar konsep pasar bersih dan sehat benar-benar terwujud untuk dicontoh pasar-pasar tradisional lainnya. 

"Sayang sekali kalau tidak dijaga kebersihannya, karena bangunan pasar ini cukup bagus. Kalau pasarnya bersih kan pengunjung juga senang datang ke sini," terangnya.

Permintaan Dirjen Cipta Karya direspon langsung, Bupati Kendal Dico M Ganinduto.

Dico meminta Dinas Perdagangan dan oengelola pasar agar memperhatikan betul kebersihan di lingkungan pasar.

Dari jadwal membersihkan lantai dua pekan sekali, Dico meminta agar pengelola pasar membersihkannya dua kali dalam sepekan.

Sementara para pedagang diminta menjaga kebersihan lapak masing-masing setiap harinya. 

"Sudah saya komunikasikan dengan pengelola pasar dan dinas terkait. Memang di tempat yang basah masih terlihat kotor, infonya dibersihkan dua minggu sekali. Ke depan supaya kebersihan lebih diperhatikan dan saya minta dibersihkan minimal seminggu dua kali," katanya.

Pasar Pagi Kaliwungu sebelumnya sudah dipantau langsung Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo bersama Kapolda Jateng dan Pangdam IV Diponegoro beberapa waktu lalu.

Skema bangunan dan operasional gedung pasar baru ini dinilai layak menjadi pasar percontohan dengan skema pasar tradisional berkonsep modern.

Selain penataan pasar yang bagus, kini Pasar Pagi Kaliwungu juga dilengkapi posko kesehatan, dan sekat pembatas antara pedagang dan pembeli untuk mencegah penyebaran Covid-19. (Sam)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved