Breaking News:

Berita Batang

Pemkab Batang dan Bea Cukai Bikin Gelaran Wayang Golek Tema Gempur Rokok Ilegal

Pemkab Batang dan Bea Cukai menggelar hiburan Wayang Golek bertema gempur rokok ilegal.

Penulis: dina indriani | Editor: Daniel Ari Purnomo
Diskominfo Batang 
Sosialisasi gempur rokok ilegal melalui pementasan wayang golek oleh Ki Canus Wahyudin dengan lakon “Sunan Kalijaga Medar Wangsit”, di Aula Kantor Bupati, Kabupaten Batang, Sabtu (28/8/2021) malam. 

TRIBUNJATENG, BATANG - Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Batang bersama Bea dan Cukai (BC) Tegal melakukan sosialisasi gempur rokok ilegal melalui pementasan wayang golek oleh Ki Canus Wahyudin dengan lakon “Sunan Kalijaga Medar Wangsit”, di Aula Kantor Bupati, Kabupaten Batang, Sabtu (28/8/2021) malam.

Pelaksana Tugas (Plt) Disparpora Batang, Wahyu Budi Santoso mengatakan selama ini Bea Cukai Tegal maupun Biro Perekonomian Setda Provinsi Jawa Tengah telah mendukung setiap tahunnya, untuk menyelenggarakan kegiatan seni budaya yang dikolaborasikan dengan sosialisasi gempur rokok ilegal.

“Tahun lalu kami juga melakukan kegiatan bersama, melalui pameran ekonomi kreatif dan dialog interaktif dari Bea dan Cukai Tegalbdengan menghadirkan berbagai komunitas, pelaku seni, untuk memperbincangkannya,” tuturnya.

Sementara untuk tahun ini dipilih dengan dikemas dalam bentuk pementasan wayang golek

Dipilihnya wayang golek, karena masyarakat pantura masih sangat akrab dengan budaya leluhur tersebut, yang disiarkan melalui Youtube Pemkab Batang, sehingga pesan mudah tersampaikan.

Tak sampai di situ, dalam waktu dekat, akan menggelar lomba video layanan masyarakat.

“Selain sosialisasi tentang rokok ilegal, juga untuk membangkitkan kreativitas para pemuda yang tertarik di bidang video, supaya meningkatkan geliat perekonomian masyarakat nantinya,” ujarnya. 

Kepala Kantor Bea dan Cukai Tegal, Yudi Hendrawan meyakini Pemkab Batang memiliki ikatan batin yang sangat kuat dengan masyarakatnya.

Sehingga melalui seni tradisional menjadi media paling efektif untuk mengedukasi kalangan bawah hingga industri tembakau.

“Ini bisa dilakukan secara berkelanjutan antara Pemda Batang bersama kami, baik melalui media seni pertunjukan maupun operasi bersama,” jelasnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved