Breaking News:

Berita Semarang

BPJamsostek Jateng-DIY Bayarkan Rp1,76 Triliun Klaim Jaminan, Terbanyak Cabang Surakarta

BPJS Ketenagakerjaan Kanwil Jateng-DIY hingga Juli 2021 telah membayarkan klaim jaminan Rp 1,76 triliun.

Penulis: Idayatul Rohmah | Editor: sujarwo
Tribun Jateng/Idayatul Rohmah
Deputi Direktur BPJamsostek Wilayah Jawa Tengah dan Yogyakarta, Suwilwan Rachmat. 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - BPJS Ketenagakerjaan atau BPJamsostek Kantor Wilayah Jawa Tengah dan DIY hingga Juli 2021 telah membayarkan klaim jaminan sebanyak Rp 1,76 triliun dengan 238.409 kasus untuk empat program, yakni jaminan kecelakaan kerja (JKK), jaminan hari tua (JHT), jaminan kematian, dan jaminan pensiun. 

Deputi Direktur Wilayah Jawa Tengah dan Yogyakarta Suwilwan Rachmat menjelaskan dari seluruh pembayaran klaim jaminan tersebut, didominasi untuk pembayaran klaim JHT sebanyak Rp1,5 triliun dengan 28.447 kasus. 

Willy, panggila akrab Suwilwan Rachmat menyebutkan untuk pembayaran klaim Jaminan Kecelakaan Kerja per Juli 2021 mencapai Rp73,8 miliar dengan 2.086 kasus, disusul Jaminan Kematian sebanyak Rp78 miliar dengan 192.962 kasus, dan Jaminan Pensiun Rp24,7 miliar dengan 238.409 kasus. 

"Total klaim jaminan Rp1,76 triliun tersebut dibayarkan oleh seluruh kantor cabang. Di wilayah Jateng dan DIY ada 12 kantor cabang," jelas Willy seperti dalam keterangan tertulis yang diterima tribunjateng.com, Selasa (31/8/2021).

Dari sebanyak 12 kantor cabang yakni Semarang Pemuda, Surakarta, Cilacap, Yogyakarta, Pekalongan, Kudus, Magelang, Tegal, Klaten, Purwokerto, Ungaran, dan Semarang Majapahit, lanjut Willy, jika dilihat dari jumlah kasus pembayaran klaim, paling banyak 32.036 kasus di Cabang Surakarta untuk pembayaran klaim 24.623 kasus program JHT; 3.422 kasus program JKK; 3.705 kasus pembayaran klaim Program Pensiun; dan 1.018 kasus pembayaran klaim Program JKM. 

Sementara itu, Willy menambahkan, di tengah pandemi saat ini, Layanan Tanpa Kontak Fisik (Lapak Asik) memberikan pelayanan terbaik bagi pekerja yang menjadi peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJamsostek). 

Dijelaskan, lapak Asik merupakan salah satu cara mendukung pemerintah dalam upaya penanggulangan Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional, dimana institusi terus berinovasi untuk tetap menghadirkan pelayanan terbaik bagi pelanggannya. 

"Adanya inovasi Lapak Asik ini BPJamsostek berhasil meraih dua penghargaan dalam ajang Digital Marketing and Human Capital Award 2020 yang diselenggarakan yang diselenggarakan oleh Business News Indonesia di Jakarta pada 25 November 2020 lalu," imbuhnya. (*)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved