Breaking News:

Berita Karanganyar

Jumlah Pencari Kartu Kuning di Karanganyar Menurun, PPKM?

Pencari kartu kerja atau kartu kuning di Dinas Perdagangan Tenaga Kerja dan Koperasi (Disdagnakerkop) UKM Karanganyar mengalami penurunan.

Penulis: Agus Iswadi | Editor: Daniel Ari Purnomo
Tribun Jateng/ Agus Iswadi
Pemohon kantor Dinas Perdagangan Tenaga Kerja dan Koperasi (Disdagnakerkop) UKM Karanganyar.  

TRIBUNJATENG.COM, KARANGANYAR - Pencari kartu kerja atau kartu kuning di Dinas Perdagangan Tenaga Kerja dan Koperasi (Disdagnakerkop) UKM Karanganyar mengalami penurunan pada bulan ini jika dibandingkan dengan tahun lalu. 

Sekretaris Disdagnakerkop UKM Karanganyar, Herawati menyampaikan, adanya pembatasan kegiatan masyarakat memang turut berdampak terhadap permohonan kartu kuning di kantor dinas.

Jumlah pemohon kartu kuning mengalami penurunan meski tidak signifikan. 

"Tahun kemarin kan sudah pandemi, tapi kan tidak PPKM. Tahun lalu sekitar 2.900-an orang (permohonan bulan Agustus 2020), sekarang sekitar 2.500 orang," katanya saat dihubungi Tribunjateng.com, Selasa (31/8/2021). 

Dia menuturkan, biasanya peningkatan jumlah pemohon kartu kuning itu terjadi apabila ada lowongan kerja di satu perusahaan atau momen tertentu seperti pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) kemarin. 

Mengingat saat ini masih pandemi Covid-19, lanjutnya, dinas mengimbau kepada para pemohon supaya mengurus dokumen secara online.

Kendati demikian apabila ada pemohon yang datang ke kantor dinas akan tetap dilayani. 

"Imbauanya tetap secara online tapi kadang perusahan mintanya dicetak. Kalau dicetak dalam bentuk kartu harus datang ke kantor," ucapnya. 

Sementara itu terkait lowongan kerja, masyarakat dapat mendatangi kantor Disdagnakerkop UKM Karanganyar untuk mendapatkan info loker di papan informasi.

Selain itu masyarakat juga dapat mengakses secara online website milik Pemprov Jateng yakni e-makaryo. (Ais).

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved