Breaking News:

Berita Karanganyar

Gedung Wanita Akan Dijadikan Satu-satunya Tempat Isolasi Terpusat di Karanganyar

Gedung Wanita Karanganyar akan dijadikan satu-satunya tempat isolasi terpusat di Kabupaten Karanganyar menyusul mulai menurunnya kasus Covid-19

Penulis: Agus Iswadi | Editor: muslimah
TribunJateng.com/Agus Iswadi
Petugas mengantar makan siang untuk pasien isolasi di Gedung Wanita Karanganyar, Rabu (1/9/2021) siang. 

TRIBUNJATENG.COM, KARANGANYAR - Gedung Wanita Karanganyar akan dijadikan satu-satunya tempat isolasi terpusat di Kabupaten Karanganyar menyusul mulai menurunnya kasus Covid-19.

Semula Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar menyediakan tiga tempat isolasi terpusat di Balai Latihan Kerja (BLK) Karangpandan, gedung bekas SMP di Kecamatan Kerjo dan Gedung Wanita Karanganyar

Kalakhar BPBD Karanganyar, Bagus Darmadi menyampaikan, semua pasien isolasi lebih baik dipusatkan di satu tempat menyusul semakin menurunnya kasus Covid-19. Sehingga kegiatan di tempat yang semula dijadikan tempat isolasi terpusat dapat berjalan kembali. 

"Penanganan Covid-19 memang prioritas tapi kegiatan lain juga harus berjalan," katanya saat dihubungi Tribunjateng.com, Rabu (1/9/2021). 

Dengan dijadikannya Gedung Wanita sebagai satu-satunya tempat isolasi terpusat, kegiatan pelatihan kerja di BLK Karangpandan dapat berjalan kembali. Begitu juga gedung bekas SMP yang kedepan dimanfaatkan sebagai rumah sakit tipe C sesuai rencana dari Bupati Karanganyar.

"Besok itu yang di BLK sudah berakhir (masa isolasinya), secara otomatis tidak ada orang. Ada 9 orang yang besok pulang. Kemarin ada tambahan satu orang, nanti kita bawa ke Gedung Wanita atau menunggu koordinasi dengan DKK dulu," ucap Bagus. 

Lebih lanjut, hingga saat ini masih ada 3 orang yang menjalani isolasi di gedung bekas sekolah yang ada di Kecamatan Kerjo. Ketiga orang tersebut akan berakhir masa isolasinya pada Jumat (3/9/2021). 

Adapun BPBD Karanganyar telah melakukan persiapan dengan penambahan fasilitas di Gedung Wanita. Seperti penambahan kamar mandi wanita, mushola, tenaga kesehatan perempuan dan sekat untuk memisahkan tempat tidur laki-laki dan perempuan.   

Di sisi lain, bantuan sarana dan prasarana tempat isoter dari BPNB beberapa juga sudah ditempatkan di Gedung Wanita seperti tempat tidur.  

Bagus menuturkan, kapasitas Gedung Wanita dapat menampung sebanyak 100 orang. Hingga saat ini ada empat orang yang masih menjalani isolasi di Gedung Wanita.

Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Karanganyar, tercatat ada 465 kasus aktif positif Covid-19 pada Selasa (31/8/2021). Dari jumlah itu 89 orang menjalani rawat inap dan 379 orang menjalani isolasi mandiri.(Ais).  

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved