Breaking News:

Desain

Lima Tips Memilih Sofa yang Tepat untuk Ruang Tamu Kecil

Memilih sofa bukanlah perkara mudah, terutama jika kamu memiliki ruang tamu yang kecil.

Editor: sujarwo
TRIBUN JATENG/DINA INDRIANI
Ilustrasi sofa 

TRIBUNJATENG.COM - Bagi yang sedang berencana membeli sofa untuk ruang tamu yang kecil, ada beberapa tips yang dilansir dari Homes and Gardens, Selasa (31/8/2021).

1. Kapasitas 

Putuskan berapa banyak orang yang akan duduk di sofa. Kamu bisa memperkirakan dengan menjumlah orang dalam rumah, ditambah satu.

Para tamu dapat dengan mudah diakomodasi di kursi berlengan atau kursi makan, jadi tidak perlu membeli sofa yang lebih besar untuk ruang tamu kecil.

2. Cari sofa impian

Sebelum mulai memilih model dan warna, cari tahu apakah itu praktis untuk ruang yang kamu miliki.  Saat mendesain ruang tamu, gunakan selotip untuk menandai lokasi potensial terbaik untuk meletakkan sofa barumu. Apakah ada banyak ruang sirkulasi di sekitarnya? Apakah itu menghalangi aliran ruangan? Apakah itu terlihat terlalu besar?

Dengan selotip kamu juga bisa memperkirakan bentuk sofa yang cocok.  Mungkin mencoba dua sofa yang lebih kecil, atau yang lebih besar dan kursi berlengan. Jika kamu ingin sofa yang dibeli bida digunakan untuk berbaring, ini juga bisa kamu perkirakan dengan selotip. 

Setelah menentukan ukuran, perkirakan juga dimensi dari sofamu kelak. Sebagai aturan umum, sofa tidak boleh lebih dari dua pertiga panjang ruangan.

3. Beri jalan

Jika ruang tamumu sangat mungil, kamu harus memperkirakan untuk memberikan ruang agar orang bisa bergerak di dalam ruang tamu. Karena jika tidak, anggota keluarga atau tamu bahkan tak bisa menakses ruang tamu untuk menikmati sofa barumu. 

4. Pilih kain 

Selain terlihat bagus, kamu tentu ingin sofa barumu praktis dan tahan lama. Jika kamu memiliki hewan peliharaan, sofa kulit mungkin bukan pilihan terbaik, karena cakar dapat menggores atau bahkan merobeknya. Demikian pula, jika kamu memiliki anak, pastikan kamu memilih kain yang bisa dicuci yang tahan lama dan mudah dibersihkan. Selalu pesan beberapa contoh kain dan gunakan ini untuk mendapatkan gambaran tentang warna dan tekstur, kamu juga bisa mencoba mengotori dan kemudian membersihkannya.

 5. Pilih warna

Karena sofa cenderung mahal, kamu mungkin ingin memilih warna yang netral dan tak lekang oleh waktu. Padahal sebenarnya warna netral bukanlah satu-satunya pilihan. Kamu juga bisa memilih warna pucat dan pastel yang dapat membantu memantulkan cahaya dan membuat ruang tamu kecil terasa lebih besar. Namun, jangan takut juga untuk memilih sofa warna yang lebih berani untuk ruang tamu kecil. Jika kamu menggabungkan sofa beludru gelap dengan skema warna ruang tamu gelap, itu bisa membuat ruang terasa nyaman dan lebih luas.  (*)

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved