Breaking News:

Berita Jawa Tengah

Meski Turun Level PPM, Disporapar Jawa Tengah Minta Daerah Tak Gegabah Buka Destinasi Wisata

Disporapar Jawa Tengah meminta daerah-daerah agar tak gegabah membuka destinasi wisatanya, meski berada di level 2-3 PPKM.

Penulis: m zaenal arifin | Editor: moh anhar
IST
Salah satu destinasi wisata di Kecamatan Limbangan Kabupaten Kendal 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Jawa Tengah meminta daerah-daerah yang berada di level 2 dan level 3 penerapan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM), agar tak gegabah membuka destinasi wisatanya.

Meskipun saat ini, sejumlah daerah di Jawa Tengah telah turun level menjadi level 2 dan level 3. Saat ini, hanya dua daerah saja yang masih berada di level 4 yaitu Kabupaten Purworejo dan Kota Magelang.

Kepala Disporapar Jawa Tengah, Sinoeng N Rachmadi mengatakan, semua daerah yang berada di level 2, diharuskan melakukan simulasi terlebih dahulu dan hasilnya dilaporkan ke Pemerintah Provinsi Jawa Tengah.

"Kalau (destinasi wisata) buka, belum. Tapi daerah diizinkan untuk melakukan simulasi. Untuk yang di level 3 melakukan SOP Simulasi dan level 4 melakukan pra simulasi," kata Sinoeng kepada Tribunjateng.com, Rabu (1/9/2021).

Baca juga: Pinta Bupati Kudus HM Hartopo ke Guru: Dua Menit Ada Penjelasan Terkait Covid-19 di Kelas

Baca juga: 3 Aplikasi Penghasil Uang Tanpa Undang Teman 2021 di Google Play Store, Dengar Radio Dapat Dolar

Baca juga: Ini Besaran Anggaran Insentif Nakes yang Digelontorkan Pemkot Semarang Pada 2021

Lalu bagaimana daerah yang berada di level 2, Sinoeng menegaskan, semua daerah diharuskan melakukan simulasi terlebih dahulu.

Untuk proses izin pembukaan, nantinya menunggu kebijakan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, dalam hal ini Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

"Pesan Gubernur, perbanyak latihan atau simulasi. Satu lokasi dulu, kalau sudah tawarkan lagi ke destinasi lainnya. Lha bukanya kapan? Nanti nunggu perkembangan epidemologi," jelasnya.

Sinoeng menuturkan, pihaknya telah mengumpulkan seluruh kepala dinas yang membidangi pariwisata di semua daerah di Jawa Tengah.

Dari pertemuan itu, semua daerah telah sepakat untuk melakukan simulasi dan pra simulasi.

Ia menjelaskan, pra simulasi merupakan simulasi yang dilakukan internal dari SKPD yang membidangi pariwisata.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved