Breaking News:

Berita Pati

Bupati Pati Haryanto Sebut Pengerjaan Normalisasi Sungai Juwana Sudah 92,5 Persen

Bupati Pati, Haryanto mengatakan, pelaksanaan proyek normalisasi Sungai Juwana sudah mencapai 92,5 persen.

Penulis: Mazka Hauzan Naufal | Editor: galih permadi
TRIBUNJATENG/MAZKA HAUZAN NAUFAL
Bupati Pati Haryanto dalam forum rapat paripurna DPRD Pati, Rabu (1/9/2021). 

TRIBUNJATENG.COM, PATI - Bupati Pati, Haryanto mengatakan, pelaksanaan proyek normalisasi Sungai Juwana sudah mencapai 92,5 persen.

Proyek ini pelaksanaannya oleh pemerintah pusat melalui Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pemali-Juana.

“Pelaksanaan kontrak normalisasi sungai juwana bersifat multiyears, yaitu kontrak tahun jamak dari 24 Agustus 2020 sampai 17 Oktober 2021. Saat ini sudah 92,5 persen,” kata Haryanto dalam forum rapat paripurna DPRD Pati, Rabu (1/9/2021).

Dia menambahkan, tahapan pengerjaan saat ini ialah meninggikan dan merapikan tanggul.

Penanganan Sungai Juwana, terang Haryanto, masuk dalam proyek strategi nasional berdasarkan peraturan presiden RI nomor 79 tahun 2019 tentang percepatan pembangunan ekonomi kawasan Kendal - Semarang - Salatiga - Demak - Grobogan - Kawasan Purworejo - Wonosobo - Magelang - Temanggung dan Kawasan Brebes - Tegal - Pemalang dengan anggaran dari dana APBN sebesar Rp 300 miliar.

“Sedangkan untuk peningkatan dan pelebaran jalan poros di kecamatan, akan kami tindaklanjuti untuk jalan-jalan yang volume lalu-lintasnya tinggi,” tandas Haryanto.

Paparan Bupati Haryanto tersebut merupakan jawaban atas pandangan Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa dalam forum rapat paripurna sehari sebelumnya.

Fraksi PKB mendorong Pemkab Pati untuk mempercepat normalisasi Sungai Juwana untuk mengantisipasi musibah tahunan, yakni banjir.

Selain itu juga mendorong Pemkab melakukan pelebaran dan peningkatan jalan poros di kecamatan untuk mendukung kelancaran kegiatan perekonomian masyarakat. (mzk)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved