Breaking News:

Berita Pati

Langkah Pemkab Pati Berdayakan UMKM Pandemi Covid-19

Dinkop UMKM Pati telah memberikan program pemberdayaan kepada pelaku UMKM di tengah pandemi Covid-19.

Penulis: Mazka Hauzan Naufal | Editor: Daniel Ari Purnomo
Tribun Jateng/ Mazka Hauzan Naufal
Bupati Pati Haryanto dalam forum rapat paripurna DPRD Pati, Rabu (1/9/2021). 

TRIBUNJATENG.COM, PATI - Bupati Haryanto menegaskan, Pemerintah Kabupaten Pati bersama Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (Dinkop UMKM) telah memberikan program pemberdayaan kepada pelaku UMKM di tengah pandemi Covid-19.

Di antaranya melalui pembelian produk berupa total 10 ribu masker dari UMKM yang diserahkan pada Satgas Penanganan Covid-19 dan masyarakat.

“Kemudian kami juga melakukan pembelian produk makanan dan minuman dari UMKM sebanyak 17.235, kami berikan untuk tenaga kesehatan,” ujar Haryanto dalam forum rapat paripurna DPRD Pati, Rabu (1/9/2021).

Selanjutnya, Pemkab Pati juga menyalurkan bantuan sosial bahan baku dari Pemprov Jateng kepada 132 pelaku UMKM.

“Kami juga mengadakan kegiatan Bela Beli Produk UMKM berupa paket parsel lebaran yang dibeli oleh dinas, instansi, serta BUMN dan BUMD se-Kabupaten Pati,” tambah Haryanto.

Tak hanya itu, lanjut dia, pihaknya juga menggerakkan para Aparatur Sipil Negara (ASN) dan para pegawai di lingkungan Pemkab Pati untuk secara massif membeli jajan produk UMKM kuliner melalui Program Tebar ke-Bike-an (Gerakan Ayo Jajan). 

Paparan Haryanto tersebut merupakan jawaban atas pandangan Fraksi Partai Gerindra yang disampaikan pada rapat paripurna sehari sebelumnya.

Fraksi Partai Gerindra meminta Pemkab Pati mendukung pelaku UMKM dengan memberikan program-program pemberdayaan yang dapat membantu di masa sulit ini.

Karena tidak dapat dipungkiri bahwa pelaku UMKM merupakan satu di antara sektor yang paling terdampak pandemi Covid-19 dan kebijakan pembatasan kegiatan masyarakat. (mzk)

Tags
Pati
UMKM
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved